Jelang Lebaran Jasa Tukar Uang Jalanan Beromzet Ratusan Juta Rupiah Perhari

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Seminggu menjelang Lebaran Idul Fitri para penjual jasa tukar uang rupiah bisa mencapai omzet ratusan juta rupiah perhari dalam melakukan transaksi.

Hal itu disampaikan Iwan salah seorang penjual jasa tukar uang musiman saat menjajakan uang cetakan baru rupiah yang berada persis di Jalan Lambung Mangkurat berseberangan dengan KPw BI Provinsi Kalimantan Selatan.

Menurutnya, pekerjaan ini dilakukan musiman yaitu ketika memasuki bulan Ramadan sampai sehari menjelang Lebaran, dari pagi sampai sore hari atau mendekati Magrib, Kamis (14/4/2022).

“Kalau biasanya seminggu memasuki bulan Ramadan kawan-kawan sudah mulai ramai disepanjang jalan lambung Mangkurat ini, tetapi baru hari ini atau 12 Ramadan baru kami lakukan,”ujarnya kepada Wartaniaga.

BACA JUGA:  Paman Birin Harap Seluruh Pihak Tanggap Darurat Bencana

Untuk hari-hari biasa sebelum lebaran Iwan bisa membawa pulang keuntungan 100-200 ribu. Karena dihari biasa bank-bank masih buka dan biaya jasanyapun masih tawar menawar. Kadang 30 sampai 40 ribu per 1 juta rupiah, tetapi menjelang lebaran bisa sampai 100 ribu/ 1 juta rupiahnya.

“Selain waktu yang tepat, kadang orang memanfaatkan untuk memberi atau berinfaq dengan uang baru yang lebih kecil,”terang Iwan yang sehari-hari pekerja serabutan ini.

Begitu pula dengan Fadli, meskipun ikut juga jasa penukaran uang baru, dia juga menerima jasa penukaran uang sobek atau lusuh dengan mengambil jasa 20 ribu Rupiah per 100 ribu Rupiah.

Sementara itu, Imam Subarkah Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan menghimbau kepada masyarakat agar menukarkan uangnya melalui Bank-bank dan BPR yang sudah resmi ditunjuk oleh pemerintah.

BACA JUGA:  Paman Birin Apresiasi Kemenkes RI, 9 Satker di Kalsel Dapat Hibah BMN

“Selain bebas biaya, penukaran melalui Bank resmi menghindari terjadinya peredaran uang palsu, meskipun prakteknya tidak ada larangan untuk penjualan jasa tukar uang di pinggir jalan tersebut,”pesan Imam.

Ada puluhan para penjual jasa tukar uang baru rupiah yang berjajar disepanjang jalan Lambung Mangkurat, ada juga di Jalan A Yani mulai dari km 2 sampai km 5 dan sebagian ruas jalan jenderal Sudirman, yang menjamur saat Ramadan dan menjelang Idul Fitri 1443 H.

Editor : Eddy Dharmawan

Pos terkait