Lampihong Ungggulkan Tas dan Dompet dari Anyamam Purun Sebagai Produk Unggulan UP2K

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Paringin – Kalimantan Selatan dikenal sebagai salah satu provinsi yang menghasilkan kerajinan anyaman lokal yang terbuat dari tanaman Purun. Seperti yang dilakukan di Desa Tanah Habang kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan yang menjadikan anyaman tas dan dompet berbahan purun sebagai produk unggulan UP2K.

Menurut Mujiati, Ketua PKK kecamatan lampihong, dengan adanya UP2K yang dibina oleh kader-kader PKK kecamatan lampihong sangat membantu masyarakat kecamatan lampihong baik dari pengelolaan maupun pemasarannya.

“Untuk pemasaran biasanya bisa di pasar-pasar tradisional ataupun di toko-toko kabupaten tetangga seperti HSU,”ujarnya Senin (3/1/22)

Mujiati menambahkan, bukan hanya itu saja produk-produk UP2K kecamatan Lampihong tetapi juga ada yang lainnya, seperti dari Desa Mundar dan Desa Matang Hanau ada amplang dari ikan patin, dari Desa Lajar papuyuan ada kue kering beraneka ragam, sasirangan, budidaya jamur tiram, jamur crispy dan telor asin puyuh, jelasnya.

BACA JUGA:  H Utuh Sembuh dari Corona

Mujiati juga menghimbau kepada kader-kader PKK yang tergabung dalam UP2K agar lebih meningkatkan potensinya sehingga bisa meningkatkan perekonomian keluarga.

Ia pun berharap semoga melalui kegiatan UP2K ini dapat terbentuknya kelompok PKK yang maju, mandiri dan berdaya saing.

“Kami berharap kegiatan UP2K mendapatkan dukungan dari pemerintah serta jajaran dan isntansi terkait, karena kegiatan UP2K ini sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk peningkatan ekonomi keluarga dengan terwujudnya kesejahteraan masyarakat,”pungkasnya.

Reporter : Siti Nurjanah
Editor : Nirma Hafizah

L

Pos terkait