RPJMD Kalsel 2021-2026, Peningkatan Infrastruktur Kawasan Metropolitan Banjarbakula

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan 2021-2026 program berbasis kewilayahan untuk membangun infrastruktur kawasan Metropolitan Banjarbakula yang berintegrasi.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) Provinsi Kalsel, Ir H Nurul Fajar Desira menjelaskan kawasan Metropolitan Banjarbakula meliputi wilayah Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Barito Kuala (Batola).

“Untuk kawasan rawa batang banyu, yang membentang dari Kabupaten Barito Kuala hingga ke Kabupaten Tabalong dengan luasan sekitar 500 ribu hektare rawa, memiliki potensi besar untuk dikembangkan,” jelasnya.

Ia mengatakan potensi seperti perikanan air tawar, pertanian, kemudian segala jenis peternakan dan ini disiapkan sebagai kawasan penunjang pangan, yang tidak hanya untuk Banua (Kalsel) tapi juga untuk penunjang Ibu Kota Negara IKN.

BACA JUGA:  Helmie Kembali Pimpin PWI Kalsel

“Kawasan perairan di Kalsel yang panjang dari Selat Makassar hingga Pulau Jawa, sehingga daerah kita ini banyak memiliki potensi hasil laut yang dapat diolah dan diekspor,” bebernya.

Pos terkait