Masuk Musim Tanam, Pemkab Balangan Lakukan Penanaman Perdana

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Paringin – Masuknya awal musim bercocok tanam padi, Pemkab Balangan melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan ( DKP3 ) bersama dengan kelompok tani di Desa Balida Kecamatan Paringin, lakukan penanaman perdana di sawah wisata Racah Mampulang.

Sekertaris DKP3 Pemkab Balangan Rahimi menyampaikan, untuk jenis padi yang ditanam ini merupakan jenis Padi Impari 30.

“Mengapa desa Balida menjadi tempat tanam perdana karena Desa Balida yang telah siap lahan sawahnya, dan masyarakatnya sangat antusias,”sebutnya, Kamis (9/12)

Ia juga mengharapkan kepada petani padi yang ada di Kabupaten Balangan agar bisa melakukan penanam padi secara serentak.

Sementara itu, Kepala Desa Balida Saridin mengungkapkan, Kelompok tani yang ada di Balida berjumlah 11 kelompok dengan luasan keseluruhan persawahan yang ada sekitar 50 hektar.

BACA JUGA:  Bupati HSU: Fasilitas Meningkat, Layanan Juga Harus Meningkat

“Untuk penanaman perdana yang di selenggarakan di wisata Racah Mampulang ini luasannya berkisar 5 hektar,”tuturnya.
Selanjutnya tamabahnya, usia penanaman padi tersebut akan dilakukan perawatan dan pemeliharaan terhadap tanaman padi, agar mampu memberikan hasil yang baik.

Terpisah, Asisten III Sekretariat Daerah Pemkab Balangan H Akhmad Nasa’i mengatakan, kegiatan hari ini merupakan kegiatan tanam perdana di musim tanam Februari hingga Maret.

“Kita berharap padi yang di tanam tadi bisa tumbuh subur, dan bisa memberikan kemakmuran petani di desa Balida Khususnya,”tutupnya.
Dalam giat tersebut turut hadir Asisten III Sekda serta unsur forkopimda.

Reporter : Siti Nurjanah
Editor : Nirma Hafizah

L

Pos terkait