Lanud Sjamsudin Noor Rakor Pengamanan Bandara Jelang Natal dan Tahun Baru

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarbaru – Antisipasi penyebaran Covid-19 menjelang Nataru di kawasan Bandara Internasional Syamsudin Noor, Danlanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb Yulmaizir Chaniago bersama Manajemen Angkasa Pura I serta seluruh stakeholder terkait menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) “Pengamanan Penerapan Protokol Kesehatan, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Penanganan Covid-19 ini dilaksanakan di Ruang Rapat Kayuh Baimbai Kantor Administrasi PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Syamsudin Noor. Senin, (20/12/2021).

Dalam kegiatan tersebut, Lanud SAM dan para Stakeholder terkait kembali sepakati kerjasama dengan PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Syamsudin Noor.

Dan untuk itu telah dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama tentang Pengamanan Penerapan PPKM, penanganan Covid-19 serta Pengendalian Transportasi Udara di masa perayaan Nataru di kawasan Bandara Internasional Syamsudin Noor.

Pada kesempatan itu, Danlanud SAM memaparkan tentang pengamanan wilayah Bandara Internasional Syamsudin Noor menjelang Nataru dalam mengantisipasi gangguan keamanan dan Penerapan PPKM, penanganan Covid-19 yang terjadi di Bandara Internasional Syamsudin Noor.

BACA JUGA:  PERPEO Kalsel Gerakan Tim Bantu Program Vaksinasi

Danlanud SAM mengatakan bahwa, lanud telah membentuk Satgas terpadu pengamanan Bandara Internasional Syamsudin Noor menjelang Nataru dengan melibatkan gabungan formasi dari PT Angkasa Pura I (Persero), TNI-Polri, Airlines, Perum LPPNPI (Airnav), BMKG, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin, BNN dan komunitas bandara lainnya.

Antisipasi yang dilakukan oleh Lanud SAM selain satgas terpadu Pam Bandara juga telah meyiapkan para personil Lanud SAM yang stanby siap membantu pengamanan di wilayah Bandara Syamsudin Noor dan tempat ibadah di sekitar Lanud SAM jika sewaktu- waktu di butuhkan.

Sebelum menjelang Nataru, Personil Lanud SAM juga telah melakukan pendeteksian dini titik-titik rawan yang di lalui oleh orang-orang yang tidak memiliki kepentingan dalam area Bandara maupun obyek vital lainnya.

BACA JUGA:  Rusak Cukup Parah, Jalan Perumnas Ujung Luput dari Perbaikan

’’Keamanan dan tingkat koordinasi di Bandara Syamsudin Noor harus benar-benar diperhatikan terutama sistem keamanannya. Oleh karena itu dari masing-masing pihak harus bisa melaksanakan pengamanan di wilayah Bandara Syamsudin Noor,” terang Danlanud.

Dia juga menambahkan bahwa di masa pandemi sekarang ini kita harus sesuaikan dengan protokol kesehatan Covid-19 yang sudah ditetapkan oleh pemerintah di seluruh wilayah termasuk Bandara.

“Oleh karena Bandara merupakan tempat umum yang sering kali hilir mudik para penumpang sehingga perlu mendapatkan perhatian khusus dari kita semua’’, tutupnya.

Sementara itu, Dony Subardono GM Bandara Internasional Syamsudin Noor menyampaikan apresiasi dan berterima kasih kepada Lanud SAM beserta para stakeholder terkait lainnya atas kerjasama yang telah terjalin dengan baik.

BACA JUGA:  PUPR Banjarmasin Beberkan Kendala Bersihkan Sungai

Dony menambahkan bahwa hal tersebut merupakan dasar untuk mengamankan wilayah dan penerbangan di Bandara Syamsudin Noor sebagai langkah untuk menciptakan keamanan dan ketertiban dalam penerbangan di wilayah Kalsel.

“Kami berharap kerjasama yang telah terjalin dengan baik ini dapat berlanjut pada periode-periode berikutnya”, pungkas Dony.

Rakor atau pertemuan ini merupakan salah satu bentuk sinergi Bandara Syamsudin Noor guna meningkatkan keamanan bandara, dan rutin digelar dalam rangka untuk mengupdate bentuk-bentuk ancaman keamanan dan mitigasi penanggulangannya, guna memberikan kepastian keamanan operasional bandara, khususnya dikaitkan dengan kondisi pandemi Covid-19 serta menjelang Nataru 2021-2022.

 

Editor : Eddy Dharmawan

L

Pos terkait