Kinerja BNNK Tala di 2021 Lampaui Target

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Pelaihari – Kabar membanggakan datang dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten ) BNNK) Tanah Laut. Betapa tidak, kinerja lembaga ini selama tahun 2021 mengalami kenaikan, bahkan melampaui target yang ditetapkan.

Kepala BNNK Tala Katamsi Sad Retna Setiawan menyampaikan sebagai lembaga yang memiliki tugas pokok Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), terdapat kegiatan pada masing-masing seksi seperti pada Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M), Seksi Rehabilitasi, dan Seksi Pemberantasan yang diantaranya mampu melampaui target.

“Kegiatan pada Seksi P2M, semua mencapai target bahkan lebih dari target. Seperti kegiatan fasilitasi ketahanan keluarga, kegiatan pembinaan kelembagaan baik terhadap pemerintah maupun swasta, lingkungan pendidikan dan masyarakat. Termasuk pendampingan Desa Bersih Narkoba (Desa Bersinar),” tutur Katamsi saat jumpa pers di aula kantor BNNK Tala, Selasa (14/12).

BACA JUGA:  Pilkada Tanbu, Paslon 1 Prioritaskan Sektor Pendidikan

Pada Seksi Rehabilitasi, tambah Katamsi kegiatan yang dilaksanakan seperti adanya klinik pratama untuk rehabilitasi rawat jalan juga mampu melebihi target hingga mencapai 150 persen.

“Tahun 2021 ini, kita memiliki target sebanyak 30 klien mengikuti program rehabilitasi. Hingga hari ini, sudah mencapai 47 klien yang mengikuti. Ada yang diantar oleh keluarga, ada yang diantar oleh aparat desa bahkan ada yang datang sendiri. Itu artinya sudah mulai tumbuh kesadaran masyarakat untuk bebas dari narkoba,” ujarnya.

Ia menambahkan Seksi Rehabilitasi juga memiliki kegiatan intervensi berbasis masyarakat (IBM). Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian pemerintah dalam penanganan penyalahgunaan narkoba di masyarakat dengan cara menghadirkan rehabilitasi penyalahgunaan narkoba di masyarakat.

BACA JUGA:  Kapolres HSU Pimpin Lat Pra Ops Mantap Praja Intan 2020 Jelang Pilgub Kalsel

“Pembinaan IMB ini memiliki target satu lembaga, akan tetapi justru mampu hingga membentuk tiga lembaga yang masing-masing berada di lokasi Desa Bersinar, “papar Katamsi.

Pada Seksi Pemberantasan, meski BNNK Tala tidak memiliki target ungkapan kasus sepanjang tahun 2021, namun hingga saat ini ada kasus yang berhasil terungkap.

“Kami berhasil mengungkap dua kasus, terakhir kamis kemarin. Dan sekarang masih ditangani, “ungkapnya.

Katamsi tidak lupa turut mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak baik dari Pemerintah Kabupaten Tanah Laut, pihak swasta, kepolisian, LSM, masyarakat hingga insan media yang selama ini turut serta bersinergi membantu dan mendukung upaya BNNK Tala menjalankan tugas-tugas pokoknya.

Dirinya menghimbauan kepada masyarakat, terlebih karena letak geografis Kabupaten Tala sebagai daerah perlintasan sangat berpotensi terjadi penyebaran dan penyalahgunaan narkoba.

BACA JUGA:  Partai Gelora Indonesia Kalsel Salurkan 400 Paket Sembako

“Apabila mengetahui ada keluarga maupun warga di sekitar tempat tinggal sebagai pengguna narkoba, jangan takut melapor kepada BNN agar dibantu pemulihan melalui rehabilitasi,” tutup Katamsi.

Editor : Aditya

L

Pos terkait