Disperindagkop HSU Terus Genjot Fasilitas UTTP, Pedagang Bisa Uji Timbangan Gratis

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Amuntai- Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Koperasi – UKM (Disperindagkop – UKM) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) terus menggenjot fasilitas tera ulang alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP) kepada para pedagang untuk uji keakuratan secara gratis.

Kabid Perdagangan Disperindagkop-UKM HSU, H M Isnaini memastikan bahwa para pedagang di Kabupaten HSU dapat melakukan uji keakuratan timbangan secara gratis, baik saat pihaknya melakukan operasi tera ulang UTTP dibeberapa tempat seperti pasar atau pun langsung di kantor Disperindagkop-UKM HSU.

Ia menyebut alat ukur timbangan yang oleh masyarakat lebih mengenal istilah exijk atau dacing untuk tera-tera ulang, ia berharap para pedagang dapat sesegeranya melakukan tera ulang bagi timbangan atau alat ukur yang telah lama tidak di tera.

BACA JUGA:  Amuntai Tengah Masih Tergenang, Kendaraan tak Bisa Lewat

” Selain waktu kami adakan operasi uji tera, masyarakat bisa juga langsung ke kantor kami untuk uji tera gratis, tinggal bawa alat timbangnya” jelas Isnaini, Selasa (28/12)

Selain, bertujuan melindungi konsumen tera ulang ini juga dimaksudkan untuk mewujudkan tertip ukur di masyarakat sehingga tidak menimbulkan kecurangan dan kerugian dalam proses jual beli.

“Tera ulang dimaksudkan untuk memastikan akurasi alat-alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya sesuai dengan amanat UU. No. 2 Tahun 1981 tentang metrologi legal,” ucapnya

Isnaini menyebutkan selama ini unit metrologi legal Disperindagkop- UKM telah beberapa kali melaksanakan kegiatan sidang tera ulang alat-alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP) di beberapa pasar di wilayah HSU selama tahun 2021.

L

Pos terkait