Daya Qu Serbuk Minuman Lokal yang Multi Khasiat

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarbaru – Ada salah satu stand yang menarik perhatian pengunjung pada Murdjani Festival 2021 di Lapangan dr Murdjani Banjarbaru, stand ini membagi-bagikan minuman gratis yaitu Daya Qu.

Alfisah adalah pemilik sekaligus pengolah dari produk Daya Qu yaitu minuman serbuk yang berkhasiat dalam berbagai penyakit mulai dari anti kangker, darah tinggi, kolesterol menguatkan stamina dan berbagai macam khasiat dari minuman serbuk ini.(18/12)

Kearifan lokal dari tanaman khas Kalimantan terutama Kayu Bajakah dan Bawang Dayak menjadi salah satu komponen yang ada dalam minuman serbuk ini. Selain itu dikombinasi juga dengan Seluang Belum, Pasak Bumi, Akar kuning, Jahe merah, Kayu Manis, Serai dan gula Aren sebagai pemanisnya.

BACA JUGA:  Permata Bank Terus Cetak Pertumbuhan Positif di Kuartal III 2021

Untuk bahan-bahan tersebut dia dapatkan dari kampungnya sendiri di Puruk Cahu Kalimantan Tengah, sedang untuk Jahe Merah dari kota Pleihari Tanah laut dari para petani disana.

Usaha yang dirintisnya ini merupakan binaan dari Disdag Provinsi, untuk produksi dengan campuran Jahe Merah yaitu Daya Qu mulai diproduksi ketika awal pandemi.

“Waktu itu, banyak orang yang mencari Jahe Merah untuk meningkatkan imun. Maka kami berkreatif mencampurkan minuman serbuk ini dengan Kayu Bajakah, Akar Kuning , Bawang Dayak serta Pasak Bumi yang asli dari Kalimantan,”paparnya.

Sedangkan untuk kemasan, Alfisah langsung memesan dari Pulau Jawa, selain bagus, kuat juga harganya cukup ekonomis bisa terjangkau oleh masyarakat.

BACA JUGA:  5 Bisnis dengan Modal tidak Lebih dari Rp 1 juta

“Alhamdulillah pada gerai Sarinah di Bandara Syamsudin Noor produk kita sudah mendapat omzet sekitar 9 juta karena banyaknya permintaan buat oleh-oleh dari kearifan lokal,”imbuhnya.

Untuk produksinya ini, ia sudah mendapatkan izin produksi dari pemerintah daerah, akan tetapi yang belum keluar saat ini adalah perijinan dari Badan POM Indonesia.

“Saya berharap agar proses perijinan dipermudah dan dipercepat karena perijinan dari B POM bisa memudahkan kami untuk masuk kepasar moderen,”tutupnya.

Editor : Eddy Dharmawan

Pos terkait