TP PKK HSU Gelar Iva Test dan Sadanis

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Amuntai- Masih dalam rangkaian Hari Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan Ke – 49, Tim penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar kegiatan deteksi dini dalam Mewujudkan Wanita Indonesia Bebas Kanker Serviks dan Payudara sengan melakukan Iva Test & Sadanis serta Pelayanan KB Gratis.

Puluhan peserta yang mendaftarkan diri, terdiri dari Ibu – ibu PKK kabupaten, kecamatan dan desa, serta organisasi Persit Kartika Chandra Kirana HSU, Bhayangkari HSU,dan DWP HSU.

Acara kegiatan yang berlangsung di UPT. Puskesmas Sungai Malang, Pada Kamis pagi (4/11/2021).

Ketua TP. PKK HSU Hj. Anisah Rasyidah Wahid dalam saat meninjau pelaksanaan Iva Test & Sadanis Serta Pelayanan KB Gratis menyampaikan ribuan terimakasih kepada Ikatan Dokter Indonesia (IDI) HSU, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) HSU, serta para peserta Iva test Pelayanan KB dari beberapa Puskesmas yang ada di lima kecamatan.

BACA JUGA:  Polsek Amuntai Utara Siap Sambut Kedatangan Kapolda

“Kecamatan Amuntai Tengah, Amuntai Selatan, Amuntai Utara, Banjang dan Haur Gading, jadi lima kecamatan ini dalam rangka kegiatan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan Ke – 49, kita melaksanakan pelayanan KB Gratis dan pelayanan Iva Test gratis”.

Anisah menambahkan kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama antara PKK, DPPKB, IDI, IBI, serta semua koordinator Penyuluh KB yang ada Di lima kecamatan.

Selain itu Anisah mengatakan kegiatan ini bertujuan agar dapat mendeteksi sedini mungkin penyakit kanker dan jika ada diantara peserta pelayanan iva test yang menunjukkan tanda – tanda gejala akan segera ditindaklanjuti.

“segera ditindaklanjuti tujuannya agar di HSU tidak ada lagi penyakit kanker, jadi tujuan pelaksanaan Iva test ini agar kita mengetahui sedini mungkin kalo ada gejala kita cepat mengantisipasi”.

BACA JUGA:  Wabup Syamsuri Resmikan Langgar Buluh Desa Tebing Tinggi

Anisah juga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang berjalan dari tahun ke tahun Sehingga dengan adanya kegiatan ini dapat sedini mungkin dalam mendeteksi Resiko kanker.

“beberapa tahun yang lewat kita juga bekerjasama dalam pelaksanaan Iva Test dan pelayanan KB dan beberapa tahun kemarin juga yang terdeteksi dan Alhamdulillah adanya kerjasama Dokter, Bidan dan Si pasien yang bergejala dia mau menerima anjuran – anjuran syaran syaran dari dokter maupun bidan dan Alhamdulillah sekarang sehat wal’afiat.

Reporter : Darma Setiawan
Editor : Aditya

Pos terkait