Setahun 3 Kali Jokowi Datang ke Kalsel

  • Whatsapp
Presiden Jokowi didampingi Menteri KemenPUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor saat meresmikan jembatan Sei Alalak, Kamis (21/10).

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo kembali bertandang ke Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Kamis (21/10). Pada kunjungan kerja kali ini, Jokowi dijadwalkan akan berada di kabupaten Tanah Bumbu dan kota Banjarmasin.

Kedatanganya ini diagendakan meresmikan Jembatan Sei Alalak juga menunjau pelaksanaan vaksinasi di RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh, Banjarmasin dan meresmikan pabrik Biodiesel PT. Jhonlin Agro Raya (JAR) di Kabupaten Tanah Bumbu.

Sebagai catatan, lawatan Jokowi ke bumi Lambung Mangkurat ini merupakan yang ketiga kalinya selama tahun 2021 ini.

Sebelumnya, kepala negara datang ke Kalsel untuk meninjau dan memberikan bantuan terhadap masyarakat yang terdampak Banjir pada pertengahan Januari 2021, tepatnya Senin,18 Januari lalu.

BACA JUGA:  Bangga, Ternyata Jembatan Sei Alalak 1 Merupakan Tipe Cable Stayed Pertama di Indonesia

Kala itu, Presiden meninjau lokasi terdampak banjir di kelurahan Pekauman kecamatan Martapura Timur, kabupaten Banjar. Menurut Jokowi, ini banjir bandang pertama sejak 50 tahun terakhir. Dan di sela itu, dirinya turut menyerahkan sejumlah bantuan sembako, makanan siap saji, dan masker ke beberapa warga di lokasi terdampak.

Sebulan berikutnya, Jokowi kembali ke Kalsel untuk meresmikan Bendungan Tapin di desa Pipitak Jaya, kabupaten Tapin, tepatnya pada Kamis, 18 Februari 2021.

Bendungan yang mulai dibangun 2015 dan selesai akhir 2020 lalu ini menelan biaya sebesar Rp986,5 miliar dengan kapasitas tampung 56,7 juta m3. Kapasitas ini penting dalam pengendalian banjir di P Kalsel dan juga memperkuat ketahanan pangan melalui penyediaan irigasi seluas 5.472 hektar.

BACA JUGA:  Denny Indrayana Kembali Dilaporkan ke Bawaslu, ini Tuntutannya

“Bendungan ini, dapat mencecah banjir di Tapin,” katanya. Selain untuk pengendalian banjir serta ketahanan air dan pangan, Bendungan Tapin memiliki potensi besar sebagai destinasi pariwisata di Kalsel.

Editor : Edhy Dharmawan

Pos terkait