Berubah Jadi Perseroda Tirta Amandit, Bupati Pastikan Tarif PDAM HSS tak Bebani Pelanggan

  • Whatsapp
Bupati HSS Achmad Fikry saat menandatangi perda perubahan status PDAM HSS

Wartaniaga.com, Kandangan- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) bersama Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) menyepakati peraturan daerah (Perda) pembentukan Perusahaan Perseroan Daerah (Perseroda) Tirta Amandit.

Bupati HSS, Achmad Fikry mengatakan perubahan status Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) HSS menjadi Perseroda Tirta amandit tidak akan mempengaruhi terhadap tarif langganan. Akan tetapi akan ada evaluasi mengenai tarif sesuai kondisi di lapangan.

“Tarif tidak akan mengalami kenaikan, Selain penyediaan air bersih melalui PDAM, kita juga sudah ada Pamsimas,” ujar Bupati Fikry.

Perseroda Tirta Amandit diharapkan dapat lebih berinovasi dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Perubahan status PDAM HSS menjadi Perseroda Tirta Amandit maka akan ada keterlibatan Pemerintah Provinsi untuk ikut memberikan kontribusi dalam kepemilikan saham.

BACA JUGA:  Duta Lalu Lintas HSU Torehkan Prestasi di Tingkat Kalsel

Sementara itu, Direktur PDAM Kabupaten HSS, Arif Budiman, mengatakan dibentuknya Perseroda Tirta Amandit melibatkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yang ikut memberi kontribusi dalam bentuk kepemilikan saham.

“Kepemilikan saham Pemkab HSS sebesar 85 persen dengan nilai sekitar 31 miliar rupiah dan sisanya dari provinsi sekitar 7 miliar rupiah,” terangnya.

Ia mengatakan berubahnya PDAM menjadi PPD mengganti struktur pada badan pengawas, yang akan menjadi komisaris.

“Setelah pembentukan Perda kita akan melakukan konsolidasi dengan Pemerintah Provinsi Kalsel,” ujarnya.

Adapun dalam rapat Paripurna tersebut disepakti juga Perda Dana Cadangan Pilkada 2024 dan Perda Inisiatif DPRD tentang Perlindungan Perempuan dan Anak dari Tindak Kekerasan.

Reporter: Amutz
Editor: Aditya

Pos terkait