TNI AL Lanal Banjarmasin Bantu Evakuasi Korban Truk Tercebur di Perairan Sungai Barito

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Kejadian berawal dari kecelakaan sebuah kendaraan mobil jenis Truk Fuso, Nopol DA 8795 UX yang memuat barang serta membawa 9 orang penumpang dengan tujuan Banjarmasin – Surabaya terjatuh ke Sungai Barito saat akan masuk ke kapal KM. Kirana IX.

Pada hari Sabtu, 11 September 2021 sekitar pukul 20.30 WITA Truk naas ini terjatuh diduga karena kelalaian supir yang hilang kendali saat akan belok ke kiri, sehingga melaju dengan lurus menabrak bolder dermaga dan akhirnya terjun ke sungai Barito.(12/9)

Melihat kejadian tersebut, tidak lama kemudian 15 Personel dari Lanal Banjarmasin terdiri dari anggota Pos TNI AL Trisakti, anggota KAL Kumai II-13-51 dan Tenaga Medis Balai Pengobatan (BP) Lanal Banjarmasin yang dipimpin langsung oleh Danpos TNI AL Trisakti Letda Laut (S) Bambang Zatmiko bergerak cepat menuju lokasi kejadian dengan menggunakan sarana 3 unit Speed Patroli untuk melaksanakan SAR (Pertolongan dan Evakuasi).

BACA JUGA:  Paman Yani Pinta Pemprov Kalsel Alokasi Anggaran Penanganan Covid-19

Dari 9 orang korban yang tenggelam, 7 orang berhasil di evakuasi dengan selamat, selanjutnya korban dibawa ke Pos TNI AL Trisakti untuk proses penanganan, pengobatan dan perawatan.

Adapun data 7 korban yang selamat yaitu
Suparman (42 th) asal Nganjuk, Sarmi (42th) asal Nganjuk, Sumiran (40th) asal Trenggalek,
Haryono (35th) asal Trenggalek,
Harminto (26th) asal Trenggalek,
Fredi Adi Sasono (22th) asal Trenggalek, serta Nanang Sudiro (32th) asal Trenggalek.

Selanjutnya, pada hari Minggu, 12 September 2021, pukul 08.34 Wita, Letda Laut (S) Bambang Zatmiko berkoordinasi dengan unsur terkait untuk kembali melaksanakan pencarian kepada 2 orang yang belum ditemukan yaitu atas nama Andi Mustofa (28th) asal Trenggalek dan Sadir (35th) juga berasal dari kota Trenggalek.

BACA JUGA:  Secara Simbolis, Ibnu Sina Serahkan Bantuan Sembako Pada Warga Terdampak Covid-19

Unsur gabungan yang yang terlibat sebagai Tim SAR antara lain dari Pos TNI AL Trisakti dan KAL Kumai II-13-51 Lanal Banjarmasin, Ditpolairud Polda Kalsel, Basarnas Provinsi Kalsel serta dibantu oleh masyarakat setempat dan para nelayan lokal.

Sampai dengan saat ini tim SAR gabungan masih melaksanakan pencarian terhadap 2 orang korban yang belum ditemukan. Sedangkan rencana proses Evakuasi Truk Fuso yang tenggelam akan dilaksanakan pengangkatan dan penyelaman lebih lanjut dengan memperhatikan cuaca di Laut.

Ditempat terpisah, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko M Tr Hanla mengatakan bahwa pelaksanaan SAR ini merupakan bentuk kesiapsiagaan dan aksi cepat oleh Personel Lanal Banjarmasin yang bertugas di Pos TNI AL Trisakti dengan menggunakan sarana dan prasarana yang ada untuk memberikan pertolongan dan penyelamatan terhadap para korban dengan maksimal.

BACA JUGA:  40 Ribu Lansia di Banjarmasin Akan Divaksin Secara Bertahap

TNI AL, dalam hal ini Lanal Banjarmasin akan selalu siap bersinergi dengan instansi terkait dalam memberikan bantuan dan pertolongan kepada segenap masyarakat yang membutuhkannya.

Danlanal kan bahwa, untuk pencarian terhadap 2 orang yang belum diketemukan dan proses penyelaman pengangkatan kendaraan dan muatannya akan tetap dilanjutkan agar tidak mengganggu alur pelayaran di perairan sungai Barito dan kapal – kapal yang akan bersandar di Pelabuhan Trisakti.

“Namun semua itu butuh waktu dan harus tetap memperhatikan keselamatan dan faktor cuaca,”tutup Danlanal.

Editor : Eddy Dharmawan

L

Pos terkait