Kampung Bioflok Batang Kulur Tengah Mampu Penuhi Kebutuhan Ikan di HSS

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Kandangan-Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Achmad Fikry M.AP mengapresiasi anggota Pokdakan Anugerah yang sudah bisa berkembang serta berhasil membantu memenuhi kebutuhan ikan segar di Kabupaten HSS.

“Saya berharap Desa Batang Kulur Tengah ini bisa menjadi kampung Bioflok dimana semua warganya bisa memelihara ikan guna memenuhi kebutuhan pasar ikan segar di HSS,” tutur Bupati, Rabu (7/7).

Dikatakannya, pemkab HSS akan terus mendorong di bidang permodalan yanh bekerjasama dengan perbankan.

Seusai memantau budidaya ikan Haruan (Channa striata) di Desa Asam selanjutnya Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry M.AP bersama Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, S.AP, MA didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten HSS Drs. H. Muhammad Noor, M.AP dan rombongan melanjutkan kegiatannya melakukan panen ikan di Desa Batang Kulur Tengah, (07/07/21).

BACA JUGA:  HSS Bersatus PPKM Level 3 Hingga 8 Agustus

Adapun panen ikan yang dilakukan Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry M.AP pada hari ini yaitu panen ikan Nila (Oreochromis niloticus) dengan sistem kolam bioflok yang dikelola oleh Pokdakan Anugerah Desa Batang Kulur Tengah.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Ir. H Saidinoor menyampaikan bulan Desember 2020 Dinas Perikanan memberikan 7 buah kolam bioflok kepada Pokdakan Anugerah yang merupakan bantuan pemerintah pada tahun anggaran 2020 dan pada yang sampai saat ini sudah berhasil berkembang menghasilkan ikan nila (Oreochromis niloticus) yang bernilai ekonomis.

Seperti yang dikatakan Wakil Ketua Pokdakan Anugerah bahwa kolam Bioflok ini sangat menguntungkan dan sangat bernilai ekonomis.

“Kolam bioflok ini sangat aman dan bisa menghasilkan nilai gizi ikan yang tinggi dibandingkan dengan kolam budidaya ikan lainnya asalkan biofloknya sudah terbentuk dengan benar. Sedangkan untuk pemasaran ikan kami anggota kelompok hanya menunggu dirumah tidak melalui tengkulak yang mana “Alhamdulillah” sampai saat ini stock ikan kami sudah terbatas karena banyaknya konsumen yang datang membeli langsung, ujarnya.

BACA JUGA:  Ziarahi Makam Guru Kapuh, Bupati & Wabup HSS Ditemani Ustadz Zaka

Reporter : Amutz
Editor : Aditya

L

Pos terkait