Bupati dan Wabup HSS Sampaikan KUA dan PPAS Tahun 2022

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Kandangan-Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad bersama Wakil Bupati, Syamsuri Arsyad menyampaikan rancangan kebijakan umum APBD (KUA) dan prioritas plafon anggaran sementara (PPAS) anggaran 2022, kepada DPRD setempat.

KUA dan PPAS disampaikan Bupati HSS Achmad Fikry dalam rapat paripurna DPRD HSS, yang dipimpin Wakil Ketua I DPRD HSS Rodi Maulidi didamping Wakil Ketua II DPRD Muhammad Kusasi.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan target pembangunan Kabupaten HSS pada anggaran 2022 diperlukan sumber penerimaan daerah untuk membiayainya.

“Total proyeksi penerimaan daerah Rp. 1.365.745.776.732,” ujar Bupati, Senin (12/7).

Dijelaskannya, besaran pembiayaan tersebut terdiri dari target pendapatan daerah Rp.1.194.997.395.000 dan target penerimaan pembiayaan daerah Rp. 170.748.381.732.

BACA JUGA:  Wabup HSS : Gerakan Tanam Pohon untuk Atasi Perubahan Iklim

“Target ini dihitung dengan memperhatikan tren penerimaan daerah tiga tahun sebelumnya.
Namun, jika dibandingkan dengan APBD murni 2021, pendapatan daerah Kabupaten HSS anggaran 2022 diproyeksikan meningkat sebesar 30,37 persen, dan belanja transfer diproyeksikan menurun sebesar 1, 44 persen, sedangkan pos lainnya pendapatan yang sah diproyeksikan meningkat naik 15,16 persen,” jelasnya.

Menurutnya dalam rangka pencapaian target kinerja pendapatan daerah, maka dilakukan beberapa strategi di antaranya optimalisasi pajak dan retribusi daerah serta penerimaan lain-lain melalui intensifikasi dan ekstensifikasi secara selektif dan tidak berpotensi menghambat akselerasi perkembangan aktivitas ekonomi masyarakat.

Selain itu, optimalisasi pemanfaatan dan pengelolaan aset daerah dan pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan.

BACA JUGA:  Peduli Kelestarian Lingkungan Hidup,Kodim Gelar Karya Bhakti Pembersihan Bantaran Sungai

“Kita juga mengupayakan peningkatan koordinasi dengan pemerintah pusat dalam meningkatkan dana perimbangan dan bantuan keuangan dari provinsi, ”tambahnya.

Upaya lain yang dilakukan, lanjut Fikry, pihaknya akan melakukan optimalisasi sinergi dengan program pemerintah pusat melalui dana alokasi khusus dan transfer lain, dan memacu prestasi pemerintah daerah, sehingga diharapkan dapat membantu pembangunan daerah melalui reward yang diterima seperti dana insentif.

“Kita juga akan melakukan optimalisasi kinerja penerimaan dari masing-masing dari SKPD penghasilan PAD. Dan evaluasi pengelolaan pendapatan daerah yang berkesinambungan, ” pungkas Bupati.

Reporter : Amutz
Editor : Aditya

L

Pos terkait