Pertama di Kab. Banjar, Desa Rantau Nangka Terapkan Digitalisasi Desa

  • Whatsapp
Bimtek aplikasi Simpeldesa di kantor desa Rantau Nangka, Rabu (2/6).

Wartaniaga.com, Martapura- Desa Rantau Nangka, Kecamatan Sungai Pinang kabupaten Banjar kini telah menerapkan sistem digital dalam pelayanannya. Menggunakan aplikasi Simpeldesa, desa ini tercatat sebagai desa yang pertama di kabupaten Banjar menggunakan aplikasi tersebut.

Menurut Kepala Desa Rantau Nangka, H Hairil Anuar digitalisasi menjadi keharusan bagi desanya.

 

Kepala desa Rantau Nangka, H Hairil Anuar

” Desa kami memang relatif jauh dari ibukota kabupaten, tetapi kami tidak ingin ketinggalan dari daerah lain. Digitalisasi inilah salah satu langkah kami untuk kemajuan desa,” jelasnya kepada Wartaniaga.com saat mengikuti Bimbingan Teknis Aplikasi Simpeldesa, Rabu (2/6).

Dikatakannya, adanya aplikasi akan menjadikan pelayanan bagi masyakatnya lebih mudah dan efesien.

” Aplikasi masuk ke anggran tahun 2021 dan kami berharap aplikasi Simpeldesa ini dapat mempemudah pelayanan bagi masyarakat,” harap H Hairil.

BACA JUGA:  Sungai Jingah, Dana Kelurahan Dibikinkan Tempat Sampah

Selain pelayanan, adanya aplikasi ini diharapkan mampu membawa kemajuan ekonomi desa.

” Selain pelayanan yang prima, perbaikan dan kesejahteraan ekonomi juga menjadi sasaran kami. Mudah-mudahan aplikasi ini dapat menjadi sarana penjualan produk desa lebih luas,” papar Kepala Desa yang membawahi 540 KK ini.

Sementara itu, Pendamping Tenaga Ahli Bidang Pembangunan Partisipatif Masyarakat Desa kabupaten Banjar, Syamsudin mengapresiasi langkah yang dilakukan desa Rantau Nangka ini.

Ia menilai digitalisasi yang dilakukan oleh desa Rantau Nangka ini merupakan kangkah maju dan dapat menjadi contoh bagi daerah lain.

” Semoga dengan diterapkannya aplikasi Simpledesa ini desa Rantau Nangka akan lebih baik dalam pelayanan dan harapan kita juga bisa mengingkatkan ekonomi masyarakat nantinya,” pungkas Syamsudin.

BACA JUGA:  AKT Fokuskan Dana Kelurahan, Pengadaan Sarana dan Prasarana

Editor : Didin Ariyadi

Pos terkait