HLHS Diisi Dengan Komitmen Program Sungai Martapura Bungas

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Hari Lingkungan Hidup Sedunia diisi dengan penandatanganan Komitmen bersama “Program Sungai Martapura Bungas”.

Pj Walikota Banjarmasin, Akhmad Fydayeen mengikuti kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dilaksanakan Provinsi Kalimantan Selatan, di Desa Sungai Rangas, Kabupaten Banjar, Sabtu (05/06).

Kegiatan diawali dengan pemberian penghargaan pejuang lingkungan “Sasanga Banua”, kemudian penandatanganan Komitmen bersama “Program Sungai Martapura Bungas (Bersih, Unggul, Asri)” oleh Pj Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA, diikuti seluruh tamu undangan yang berhadir.

Komitmen terhadap “Program Sungai Martapura Bungas” ini turut dilakukan Banjarmasin karena sungai ini turut membelah kota berjuluk Seribu Sungai ini.

Menurut Pj Walikota Banjarmasin, Akhmad Fydayeen sungai untuk Kota Banjarmasin merupakan salah satu harta warisan bagi kota Banjarmasin karena sungai Martapura merupakan salah satu destinasi wisata bagi kota itu.

BACA JUGA:  DPD RI Harap PSU Pilgub Kalsel Jadi Barometer Nasional

Untuk itu, komitmen kali ini dinilai memiliki peranan penting terhadap pemeliharaan potensi sungai Martapura yang membelah kota Banjarmasin.

Bukan hanya itu, peran sungai Martapura sejauh ini baui kota Banjarmasin juga masih cukup tinggi selain untuk pariwisata, karena sungai masih difungsikan sebagai sarana transportasi, perdagangan dan hal laiannya bagi masyarakat Banjarmasin.

Adapun hal terpenting lainnya adalah, sungai Martapura bisa dikatakan sebagai sumber air bersih bagi warga Kota Banjarmasin saat ini dan juga sarana untuk mencegah terjadinya banjir.

Untuk itu, pemeliharaan terhadap sungai Martapura melalui komitmen bersama hang di prakarsai oleh Pemprov Kalsel dinilai langkah bijak menjaga kota ini kedepannya.

Pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini juga dilaksanakan penanaman pohon sebagai Ecosystem Restoration yang menjadi salah satu upaya menghijaukan alam dan lingkungan di Kalimantan Selatan, selain secara langsung kegiatan ini juga dilaksanakan secara daring via Zoom.

BACA JUGA:  Kampung KB Bantu Kembangkan Ekonomi Masyarakat

Editor : Ahmad Yani

L

Pos terkait