Bupati Fikry Sampaikan LKPJ APBD Tahun 2020

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Kandangan-Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat ( DPRD) Kabupateh Hulu Sungai Selatan ( HSS) dengan agenda penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Anggaran pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Anggaran 2020 yang disampaikan oleh Bupati HSS Drs.H.Achmad Fikry . M.ap pada, Selasa (15/6).

Dalam laporannya Bupati HSS menyampaikan LKPJ APBD 2020 merupakan laporan keuangan yang telah diaudit dan telah disusun sesuai standar akuntansi pemerintahan berbasil aktual.

Lebih lanjut Bupati Fikry menyampaikan Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahap Pertama selama 35 hari sedangkan pada tahap kedua dilakukan selama 30 hari oleh BPK RI.

“ Laporan keuangan ini sebelumnya telah diperiksa oleh BPK RI Perwakilan Prov Kalsel dan dilakukan dalam dua tahap dimana dalam setiap tahapnya dilakukan secara langsung dengan tatap muka, untuk mendapatkan keyakinan kewajaran atas penyajian LKPD,” terangnya.

BACA JUGA:  Abdul Hadi Arahkan Dinas PUPR Bangun Tiga Jembatan Box Culvert

Sementara itu, Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) sendiri telah diserahkan oleh Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Kalsel dengan memperoleh hasil predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke-8 kalinya.

“Pencapainya WTP Ke- 8 Kalinya tidak lepas dari Kerjasama semua jajaran Pemda dan seluruh Anggota DPRD , diharapkan ini menjadi cerminan yang baik dalam hal pengelolaan keuangan di HSS yang dapat memberikan Kolerasi Positif terhadap kesejahteraan masyarakat, “ tutur Bupati.

Dihelaskannya hal tersebut dapat dilihat dari beberapa indikator makro seperti angka menurunnya tingkat kemiskinan dari 6,29 persen pada tahun 2016 menjadi 5,17 persen di tahun 2020 dan tingkat pengangguran terbuka dari 4,22 persen pada tahun 2013 turun menjadi 2,24 persen di tahun 2020.

BACA JUGA:  Pastikan Pasien ODGJ terobati, Sri Huriyati Terus Pantau Perkembangannya

“Angka tersebut berada di bawah angka rata-rata Provinsi, yakni sebesar 4,18 persen dan angka rata-rata nasional sebesar 5,23 persen untuk tahun 2020,” terang Bupati HSS.

Tidak hanya itu, ind KS gini ratio di tahun 2016 yang sebesar 0,36 persen juga ikut menurun menjadi 0,30 persen pada tahun 2020, yakni lebih kecil dibandingkan indeks provinsi 0,33 persen, sedangkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten HSS yang sebelumnya 68,80 persen pada tahun 2019 naik menjadi 68,85 di tahun 2020.

Reporter : Amutz
Editor : Aditya

L

Pos terkait