Silaturahmi Polda dengan JMSI Kalsel, Bersama Melawan Hoax

  • Whatsapp
Silaturahmi Jajaran Polda dan JMSI Kalsel

Wartaniaga.com, Banjarmasin –Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama Dit Intelkam Polda Kalsel berkomitmen menangkal hoax (berita bohong) yang berseliweran di jagat maya.  

Kesepakatan ini disampaikan saat  silaturahmi sekaligus buka puasa bersama (Bukber) antara  Pengda Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kalimantan Selatan (Kalsel), di Banjarmasin, Jum’at (30/4).

“Dengan acara silaturahmi ini kita jadi saling kenal, khususnya untuk menangkal berita hoax yang sangat marak di dunia maya dan media sosial,” papar Kasubdit V  Dit Intelkam Polda Kalsel, AKBP Indera Gunawan, SE.

Menurutnya, untuk memerangi hoax tidak dapat dilakukan oleh pihak kepolisian saja tetapi perlu kerjasama semua pihak terlebih lagi media massa.

BACA JUGA:  RDP Sopir Angkot di DPRD Kotabaru, Komisi II Keluarkan 3 Rekomendasi

“ Kami senang dan bersyukur bisa bekerjasama dengan media online di bawah naungan JMSI Kalsel, karena semua sudah berbadan hukum, berpedoman UU Pers Nomor 40 Tahun 1999 serta Kode Etik Jurnalistik,” kata Indera.

Sementara itu Penasehat JMSI Kalsel Fathurrahman mengatakan, salah satu upaya menangkal hoax adalah produk jurnalistik yang dihasilkan media online tetap berpegang pada Kode Etik Jurnalistik.

“Selain itu pemimpin umum maupun pemimpin redaksi media online di Banua tetap berpedoman pada UU Pers No 40 Tahun 1999,” imbau mantan Ketua PWI Kalsel dua periode ini.

Ketua JMSI Kalsel, Milhan Rusli menambahkan, berdirinya organisasi JMSI bertepatan Hari Pers Nasional (HPN) yang digelar di Kota Banjarmasin pada tahun 2020 lalu.

Pos terkait