Soal Bantuan Tunai Kematian, Dinas Sosial : Cepat-Lambat Tergantung Aparat Desa

  • Whatsapp
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Balangan, Ribowo

Wartaniaga.com, PARINGIN,- Cepat lambatnya penyaluran bantuan tunai santunan kematian bagi masyarakat tidak mampu yang bertempat tinggal di wilayah Kabupaten Balangan, tergantung kinerja dari aparatur-aparatur desa untuk melaporkan. Demikian dikatakan Kepala Dinas Sosial kabupaten Balangan, Ribowo menanggapi soal bagaimana penyaluran dana itu dari pihaknya ke masyarakat.

Ribowo menjelaskan, untuk program santunan kematian tersebut memang sudah sejak dulu berjalan, namun pada dulunya progam itu ada dibagian kesejahtraan rakyat (kesra)

“Tapi setelah itu diserahkan kepada SKPD-SKPD teknis, dan untuk pelaksaannya itu, kalau yang dulu ada kematian dibayarkan persatu bulan sekali, untuk ditahun ini sesuai dari arahan Bupati, hari ini meninggal hari itu juga langasung disalurkan,” ujarnya diruang kerjanya saat ditemui media ini, Kamis (15/4).

BACA JUGA:  Lapas Kelas II-B Amuntai Gelar Ta'mir Ramadan dan Pelatihan Calon Da'i

Kecepatan dan respon terhadap penyaluran bantuan tunai santunan kematian tersebut menurutnya tergantung cepat lambatnya para aparat desa mengurus, serta informasi dari para ahli waris,

Dengan melampirkan beberapa berkas persyaratan seperti, surat keterangan ahli waris, surat keterangan kematian, dan surat keterangan tidak mampu yang masing-masing dikeluarkan oleh kepala desa setempat.

“Apabila semua berkas tersebut sudah siap, maka pihaknya akan langsung menyalurkan santuan kematian kepada ahli waris,” ungkapnya.

Lanjut Ribowo, tetapi kalau daerah dengan lokasi yang susah jaringan dan lokasi yang jauh, maka di sana yang menyalurkan sebagai perantara awal dari pihak kecamatan dahulu.
Ia mengingatkan, kalau para aparatnya cepat, pihaknya pasti akan cepat juga, tapi kalaunya arapatnya lambat, pihaknya juga akan lambat.

BACA JUGA:  Ketua PGRI HSU : Peningkatan Layanan Bagi Angggota Adalah Prioritas Kami

“Alhamdulillah, dalam waktu satu bulan ini, semua kepala desa yang ada sudah paham, sehingga tidak ada penyaluran yang terlambat karena semua pihak bergerak cepat,” pungkasnya.

Sebelumnya pada Rabu (7/4/21) yang lalu guna mendukung penyaluran bantuan tunai santuan kematian yang di lakukan oleh dinas sosial, Pemerinah Daerah melalui Bupati Balangan H Abdul Hadi telah memberikan berupa satu unit mobil sarana transportasi untuk penyaluran santuan kematian.

 

Reporter: Siti Nur Jannah
Editor : Orie Zain Al Ghifari

L

Pos terkait