Bulan Ramadhan dan Jelang Idul Fitri Stok Ketersediaan Pangan di Balangan Aman

  • Whatsapp
Kadis Ketahanan Pangan Kab. Balangan, H Ansharullah

Wartaniaga.com, Paringin,- Di bulan suci Ramadhan dan menjelang Hari raya Idul Fitri stok dan ketersediaan bahan pangan pokok yang ada di kabupaten Balangan bisa di katakan tercukupi atau aman

Hal ini di sampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan kabupaten Balangan H.Ansharullah , saat di temui di ruang kerjanya.

Dikatakanya, sebelum menghadapi hari besar keagamaan pihaknya sudah melakukan rapat bersama tim satgas pangan dan dinas-dinas terkait kebutuhan bahan pangan dan pokok

“Bahan pokok pangan penting seperti beras cukup bahkan berlebih karna ada sebagian daerah yang sedang panen, dan untuk stok beras di kindai-kindai petani ada 13.370 kg / 13 ton,”ungkapnya, Senin (19/4).

Ditambahkannya, untuk harga bahan pangan masih dalam keadaan normal dan tidak mengalami kenaikan yang signifikan

BACA JUGA:  Paman Birin Sidak Pengerjaan Jembatan Awang Bangkal Timur

“Harga masih stabil, seperti beras masih dalam harga 12.000-14.500/kg atau masih dalam Angka 7.5% dan itu belum dikatakan harga bergejolak , karna untuk harga bergejolak kalau sudah mencapai 25%,” sebutnya.

Meski demikian, harga cabe sambungnya masih cukup tinggi mencapai kisaran 90.000/kg karna memang permintaan dari masyarakat yang banyak dan stok cabe yang sedikit akibat dampak banjir yang lalu.

Selain itu, untuk bahan pokok yang didatangkan dari luar seperti bawang merah dan putih masih bergantung pada kelancaran distribusi.

“Selama distribus dari luar masih aman dan tidak terganggu, InsyaAllah ketersediaan pangan kita masih aman dan tercukupi, dan kita sangat berharap dengan distribusinya,”pungkas Anshar.

BACA JUGA:  Peringati Hari Juang TNI-AD, Kodim 1009/ Pelaihari Gelar Bakti Sosial

Sebagai Informasi Kabupaten Balangan memiliki Cadangan beras sekitar 15ton dan di letakan di Bulog Berabai.

 

Reporter : Siti Nurjanah
Editor : Orie Zain Al Ghifari

Pos terkait