Bupati HSS dan Kepala DTPH Kalsel Panen Padi Gogo

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Kandangan-Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikry bersama Kepala Dinas Pertanian TPH Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Syamsir Rahman, menghadiri syukuran panen Padi Gogo, di Desa Batu Bini, Kecamatan Padang Batung.

Panen tanaman padi gogo yang dikelola kelompok tani desa setempat itu mencapai kurang lebih 3,5 ton.

Bupati HSS, Achmad Fikry mengatakan bahwa siklus panen padi di wilayahnya terjaga dengan baik, bahkan tiap tahun mengalami surplus atau pemasukan yang diterima melebihi pengeluaran belanja.

” Pada kesempatan ini saya juga berharap pada petani agar dalam membuka lahan baru tidak dengan cara di bakar,” ujarnya, Selasa ( 16/3).

Dirinya ingin petani dapat terus berkembang dan agar lahan pertanian yang sudah ada tidak dialih fungsikan untuk kepentingan yang lain.

BACA JUGA:  Dansatgas Pimpin Apel Pagi Personel Satgas TMMD Ke 109 Kodim 1001/Amuntai

Sementara itu, Kepala DTPH Provinsi Kalsel, Syamsir Rahman menjelaskan, Kabupaten HSS merupakan salah satu penerima bantuan paling besar dibanding daerah lain.

Diantaranya, benih padi terdampak banjir sebanyak 46.100 kilogram dengan luas 1.844 hektar. Program pengembangan padi inbrida sebanyak 88.900 kilogram dengan luas 3.556 hektar yang akan ditanam pada musim tanam April sampai September 2021.

Bantuan benih bawang merah sebanyak 3000 kilogram dengan luas 5 hektar untuk 5 kelompok tani, 6 unit power thresher, dan 3 unit corn seller.

“Kami siap bantu sektor pertanian lain seperti benih cabai, bawang dan lainnya, jadi tidak hanya padi,” jelasnya.

Syamsir Rahman meminta agar petani tidak membakar lahan, harus dilakukan dengan cara lain.

BACA JUGA:  Babinsa Muara Uya Monitoring dan Imbau Warga Waspadai Banjir

“Apalagi sampai menjual lahan pertanian,” tandasnya.

Syukuran panen padi gogo di Desa Batu Bini Kecamatan Padang Batung ini juga dihadiri Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Sekda HSS Muhammad Noor, Dandim 1003 Kandangan, Polres HSS dan tamu undangan bersama jajarannya.

 

Reporter : Amut
Edito : Nirma Hafizah

Pos terkait