Ibnu Sina Rencanakan Bentuk Dinas Sungai dan Drainase

  • Whatsapp
Ibnu Sina rencanakan bentuk Dinas Sungai dan Drainase
L

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Dalam upaya penataan kembali sungai maupun drainase di Banjarmasin, Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina berencana mengusulkan dibentuknya Dinas Sungai dan Drainase.

Kendati sebelumnya Dinas Sungai sempat dibentuk sebelum disatukan kembali dengan Dinas PUPR, menurut Ibnu Sina dinas ini perlu dibentuk secara mandiri.

“Saat ini kita sangat memerlukan dinas ini, tujuannya supaya ada instansi yang benar-benar fokus menangani sungai dan drainase di Banjarmasin, dengan harapan banjir seperti tahun ini bisa ditanggulangi,” ucapnya.

Banjir yang menggenang sebagian kawasan kota Banjarmasin dinilainya tolak ukur pentingnya dinas ini untuk dibentuk kembali, agar nantinya pekerjaan penataan sungai benar-benar terarah.

Banjarmasin adalah Kota yang berjuluk seribu sungai, dinilai perlu memiliki dinas yang khusus mengelolanya, karena kota ini dinilai khusus dengan banyaknya sungai.

BACA JUGA:  Hore ! Kuliner Wasaka Mawarung Baimbai Dibuka

“Harus ada karena itu dubutuhkan saat ini, apalagi adanya banjir bisa menjadi pelajaran bagi kita bagaimana kedepannya perlu pengawasan khusus terhadap sungai maupun drainase,” jelasnya.

Dalam langkah penanggulangan banjir kedepannya, selain pembentukan dinas sungai Pemko Banjarmasin juga akan berkoordinasi dengan daerah lain terkait hal ini.

“Akan kita sampaikan penataan Bakula dahulu, dulu ada lima poin terkait Bakula, sekarang tambah satu lagi yakni penanganan banjir,” katanya.

Untuk itu, pembentukan kembali Dinas Sungai dan Drainase dinilai langkah awal agar penataan saluran dan sungai di kota Banjarmasin lebih terarah, karena apabila ada banjir di daerah hulu, maka Banjarmasin yang terletak di hilir akan mendapat kiriman banjir, dan sungai maupun drainase menjadi senjata utama untuk menanggulanginya.

BACA JUGA:  Banjarbaru Kurang SDM, 300 Formasi ASN Diusulkan

 

Penulis : Ahmad Yani

L

Pos terkait