Dinsos Kalsel Persiapkan Anggaran Bantuan Renovasi Rumah Imbas Banjir Kalsel

  • Whatsapp
Kepala Dinsos Kalsel, Siti Nuriyani

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Dinas Sosial (Dinsos)Provinsi Kalimantan Selatan siapkan anggaran perbaikan rumah untuk masyarakat terdampak banjir.

Kepala Dinsos Kalsel, Siti Nuriyani menjelaskan, bantuan renovasi rumah akan diprioritaskan kepada masyarakat yang mengalami kerusakan dan tidak termasuk dalam kriteria anggaran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Ada tiga kriteria bantuan yang diselenggarakan oleh BNPB, yakni rumah yang mengalami rusak berat, rusak ringan, dan rusak sedang,” ucapnya, Senin (22/2).

Ia mengatakan Dinsos Kalsel akan menyelenggarakan bantuan yang tidak termasuk dalam kriteria bantuan yang diselenggarakan BNPB.

“Kami ada program rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni, kami bisa menjangkau yang tidak termasuk dalam kriteria BNPB,” ujarnya .

BACA JUGA:  Sampah Dibiarkan Menumpuk, Pedagang dan Pembeli Pasar Sederhana Mengeluh

Lanjutnya, bantuan berupa perbaikan atap, lantai dan dinding atau yang disingkat Aladin. Oleh karena itu pihaknya akan membantu sesuai dengan kriteria tersebut, agar tidak mengalami tumpang tindih.

“Kami sekarang sudah membuat proposal tersebut, dikarenakan anggaran pada saat ini mengalami kerbatasan,” katanya.

Adapun pada anggaran saat ini, Dinsos Kalsel hanya menganggarkan sekitar 78 unit rumah di Kalimantan Selatan, dikarenakan tidak menduga musibah yang bakal terjadi.

“Kami akan buat proposal lagi, semoga Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dapat membantu perbaikan rumah” bebernya.

Selain itu, pihaknya juga berusaha mendata rumah masyarakat yang tidak termasuk dalam anggaran BNPB, sehingga masyarakat mendapatkan bantuan secara menyeluruh.

 

BACA JUGA:  Ingin ke Haul Guru Sekumpul ?. Cek Puluhan Penginapan Gratis di Sini

Reporter: Aditya

Pos terkait