Bank Indonesia Dukung Pengembangan Ekosistem Ekonomi dan Keuangan Digital UMKM

  • Whatsapp
L

Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) diprakirakan tetap baik, sehingga mendukung ketahanan sektor eksternal. Nilai tukar Rupiah yang menguat didukung langkah langkah stabilisasi Bank Indonesia dan berlanjutnya aliran modal asing kepasar keuangan domestik. Kemudian penurunan suku bunga kebijakan moneter dan longgarnya likuiditas mendorong suku bunga terus menurun, meskipun penurunan suku bunga kredit perbankan perlu terus didorong.

Bank Indonesia terus memperkuat kebijakan system pembayaran dalam rangka pengembangan ekosistem ekonomi keuangan digital yang inklusif dan efiesien serta mendorong penguatan pemulihan ekonomi nasional, antara lain melalui perluasan akseptasi QRIS berbasis komunitas dalam rangka mendukung program pemulihan ekonomi nasional.

Pengembangan UMKM termasuk UMKM Syariah, pengembangan infrastruktur ritel SP yang cepat. mudah, murah, aman dan andal untuk mendorong efisiensi dan perluasan pasar keuangan serta elektronifikasi bantuan sosial dan transaksi pemerintah.

BACA JUGA:  Pelonggaran Lockdown Angkat Emas Antam ke Rp918 Ribu per Gram

“Untuk memperkuat penggunaan rupiah sebagai satu-satunya alat pembayaran yang sah di NKRI, Bank Indonesia terus memperkuat komunikasi kepada masyarakat dalam bentuk program Cinta Rupiah, Bangga Rupiah dan Paham Rupiah,” pungkasnya.

 

Reporter : Edi Dharmawan
Editor : Ahmad Yani

L

Pos terkait