Mengenal Mata Uang Digital, Antara Investasi dan Transaksi

  • Whatsapp
Foto : Freepic

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Sejak kehadiran Bitcoin sekitar tahun 2009 yang lalu memang fenomenal. Terbukti, saat kehadirannya harnya masih puluhan ribuan, kini semakin meroket hingga mencapai ratusan juta per coin.

Bitcoin Bitcoin merupakan contoh cryptocurrency atau mata uang digital yang sedang naik daun. Kesuksesannya ini disusul dengan kehadiran ratusan  mata uang digital lainnya seperti Ethereum (ETH), Ripple (XRP), Tether (USDT), Rupiah Token (IDRT), Ripple (XRP), Litecoin (LCT), Cardano (ADA) dan lainnya.

Di era digital seperti sekarang, menggunakan mata uang digital dalam berbagai transaksi virtual menjadi sesuatu yang lumrah. Bahkan, tidak sedikit orang yang menaruh minat investasi pada cryptocurrency.

Apa dan bagaimana mata uang digital digunakan ?. Berikut hasil wawancara Wartaniaga.com dengan salah seorang praktisi mata uang digital, Dimas BA.

BACA JUGA:  Penjualan Helm SNI Masih Menjanjikan

Menurutnya, memiliki atau menyimpan mata uang digital tidaklah berbeda dengan uang pada umumnya. Hanya saja uang digital masih terbatas dalam penggunaan transaksinya, umumnya untuk keperluan transaksi digital saja.

“ Masih terbatas di kota-kota besar saja, itupun masih belum banyak. Contoh di Bali sudah ada restoran, hotel dan outlet lain yang menerima pembayar dengan uang digital. Tapi tidak semua mata uang, umumnya masih Bitcoin,” ujar pria yang sudah lebih 6 tahun menggeluti bisnis uang digital ini.

Dikatakannya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin memiliki mata uang digital terlebih lagi kalau untuk investasi.  Dari sekian banyak mata uang digital tidak semua bisa diterima dan dapat dijadikan sarana transaksi.

BACA JUGA:  5 Bisnis Pilihan Pasca Lebaran

“ Lihat volume transaksinya dalam 24 jam, semakin besar volume semakin bagus,” jelas Dimas seraya menambahkan pada umumnya volume transaksi yang tinggi harganya sudah mahal juga seperti Bitcoin, Ethereum dan Yearn.Finance.

Meski demikian, katanya untuk memiliki uang digital tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, cukup ratusan ribu sudah bisa mendapatkannya.  “ Harganya bervariasi, mulai dari puluhan rupiah sampai ratusan juta, tergantung kemampuan saja” ucapnya.

Pos terkait