Bisnis Ikan Hias dan Aquarium Menggeliat Kembali

  • Whatsapp

Wartaniaga.com , Banjarmasin – Sempat dikenal diseluruh tanah air sebagai salah satu hobi yang banyak diminati, memelihara ikan hias jenis gapi maupun ikan cupang mulai kembali marak.

Kegemaran masyarakat akan dua jenis jkan ini sebenarnya kembali meningkat sejak 2020 lalu, terbukti dari berkembangnya minat terhadap jenis ikan ini di masyarakat.

Namun, memasuki akhir tahun 2020, hobi yang awalnya hanya untuk kesenangan kini mulai berubah merambah dunia usaha.

Budidaya ikan hias ini rupanya mulai digeluti masyarakat karena semakin tingginya peminat ikan hias jenis gapi maupun cupang.

Menurut salah satu warga yang membudayaan ikan ini di Kawasan Kelayan B, Banjarmasin Selatan, Ari. Munculnya ide untuk membudayakan ikan ini karena tingginya minat masyarakat untuk memeilihanya.

BACA JUGA:  Lagi, IMA Kalsel Bantu Tenaga Medis

“Bahkan, kita tak hanya menyukai saja, namun juga bisa menjualnya, bukan hanya di Banjarmasin tapi permintaan juga banyak datang dari Kalteng maupun Kaltim, berupa bibit,” katanya.

Ketertarikan kembali masyarakat akan dua jenis ikan hias ini salah satunya diakibatkan beragamnya jenis ikan ini dari sebelumnya, dan bahkan harganya bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan.

“Misalnya ikan cupang, kini masyarakat kembali dibuat penasaran dengan jenis baru ikan ini, ada jenis Koi dan Nimo serta berbagai jenis langka lainnya yang mulai keluar,” katanya.

Sementara untuk gapi, warna cantik dan beragam dari ikan ini juga bermunculan, dan ini kembali diburu pencinta jenis ikan hias satu ini.

BACA JUGA:  Cerita Amat, Beli Mobil dari Hasil Rongsokan

“Mungkin salah satu alasan kenapa ikan ini diminati karena ikannya kecil, sehingga tak perlu aquarium besar untuk menampung dan itu sudah cukup indah untuk dinikmati di rumah,” katanya.

Pembuat Aquarium Semakin Bersemangat

Ditengah semaraknya masyarakat berburu ikan hias, rupanya juga menghidupkan usaha kecil dimasyarakat, salah satunya pembuat aquarium yang ada di Banjarmasin.

Pos terkait