Dua Ikon Wisata Baru di Banjarmasin Siap Launching

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Dinas kebudayaan dan pariwisata Kota Banjarmasin merilis dua ikon wisata baru di kota seribu sungai.

Dua ikon wisata tersebut adalah Galeri Terapung Sasirangan dan Rumah Lanting Mantuil kepala Disbudpar kota Banjarmasin, Ikhsan Alhak menyampaikan, wisata tersebut menjadi daya tarik bagi investor agar bisa berpartisipasi memajukan sektor wisata.

“Ini pancingan bagi investor untuk bisa ikut dalam mengembangkan wisata di kota Banjarmasin,” ucapnya.

Dia juga menjelaskan, masing-masing ekonomi wisata baru tersebut terletak di tempat berbeda, Galeri Terapung Sasirangan terletak di Kampung Sasirangan Sungai Jingah tepatnya berada di belakang Mushola Al-Muttaqin, untuk rumah Lanting Mantuil berlokasi di kelurahan Mantuil dekat jembatan Bromo Kelurahan Mantuil kecamatan Banjarmasin Selatan.

BACA JUGA:  Mengungkap Misteri Indahnya Lagu Banjar lewat¬† Bedah Buku Biografi Anang Ardiansyah

Menurut Ihsan, selain menarik minat investor ke-2 ikon wisata tersebut juga bertujuan untuk menambah khazanah wisata yang ada di Banjarmasin. Keduanya nanti statusnya akan dihibahkan kepada masyarakat dan dikelola pokdarwis (kelompok sadar wisata) di masing-masing lokasi.

Kemudian proyek tersebut juga merupakan permintaan dari masyarakat untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di sektor lokasi tersebut.

“Galeri terapung kita bangun dengan bentuk khas bangunan budaya Banjar, yaitu tudung tanggai sedangkan rumah lanting mantul itu bentuknya menyerupai rumah Banjar,” ucapnya.

Pos terkait