BPPD Banjarmasin : Waspada Ancaman Hewan Reftile

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin-Memasuki bulan November hingga Desember masyarakat harus lebih waspada dengan segala ancaman terutama hewan reptile yang secara alami memasuki musim menetaskan telurnya pada bulan November dan Desember.

Tercatat dalam bulan ini saja  Tim Animal Rescue Banjarmasin yang terdiri dari BPBD Kota Banjarmasin, Bidang Kesehatan Hewan DKP3 Banjarmasin, BKSDA Prov Kalsel, dan Polisi Hewan K-9 Polda Kalsel sudah mengevakuasi 9 (sembilan) hewan melata tersebut dari lingkungan warga.

Kepala BPBD Kota Banjarmasin sekaligus Koordinator Tim Animal Rescue Banjarmasin, H.M, Hilmi membenarkan pengamanan 9 (sembilan) ekor ular tersebut dari lingkungan warga oleh anggotanya.

“Dalam bulan-bulan ini kita sudah mengamankan 9 (sembilan) ekor ular berbagai jenis, memang akhir tahun merupakan bulan dimana indukan ular menetaskan telurnya,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Sekda Wakili Gubernur Lantik Tiga Pejabat Fungsional Biro Pengadaan Barang dan Jasa

Lebih rinci H.M, Hilmi mengatakan untuk kasus terbanyak dalam bulan ini Timnya sudah mengamankan 2 (dua) indukan dan 4 (empat) anakan Kobra jenis Naja Sumatrana.

“Lain lagi dengan Ular Python atau Sanca Kembang dalam bulan ini sudah tiga ekor yang di Evakuasi dari rumah warga, dua berukuran dewasa lima meter dan satunya masih anakan,,”paparnya.

Penomena ular masuk lingkungan warga memang tiap tahun mengalami puncaknya ketika akhir tahun ketika telur menetas dan anakan ular akan berkeliaran mencari makan disekitar rumah seperti kodok kecil, Jangkrik, dan Cicak.

Pos terkait