PT SAM dan TBM Jadi Percontohan Perkebunan Sawit yang Siap Tangani Karhutla

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Kandangan – Kewaspadaan semua pihak terhadap kebakaran hutan lahan sepanjang tahun 2020 menjadi catatan tersendiri bagi Kalimantan Selatan. Tak hanya pemerintah yang berupaya melakukan pencegahan karhutla, pun dilakukan kalangan swasta.

Salah satunya perusahaan perkebunan sawit PT. Subur Agro Makmur (PT.SAM) dan PT. Tribuana Mas (PT.TBM). Dua anak perusahaan grup Astra Agro Lestari ini mendapat apresiasi dari Tim Supervisi Karhutla Mabes Polri. Keduanya pun dianggap perusahaan perkebunan kelapa sawit yang paling siap dalam mengantisipasi dan mencegah kebakaran hutan dan lahan.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan rekan-rekan di PT SAM dan TBM,” kata Brigjend Pol Drs Hersadwi Rusdiyono SH , saat melakukan kunjungan lapangan di Kalimantan Selatan, Rabu (14/10) di kawasan perkebunan PT Subur Agro Makmur (SAM) dan Tribuana Mas (TBM.

BACA JUGA:  Soal Covid-19, HPPMTL Gelar Diskusi dengan Wakil Bupati Tala, dan Wakil Ketua DPRD Kalsel

Menurut Jenderal Bintang Satu ini, apa yang dilakukan anak perusahaan Grup Astra Agro itu sudah sesuai standar dan sebaiknya dipertahankan terus. Pihaknya pun mencatat hal terpenting yakni semua peralatan, kanal-kanal yang disiapkan, serta semua sarana prasana yang ada selalu dipantau kesiapannya.

Tujuannya, agar selalu siap untuk digunakan, baik untuk pencegahan maupun penanganan kebakaran. Karena itulah Tim Supervisi Karhutla Mabes Polri yg dipimpinnya ini mengaku sangat puas melihat perusahaan kesiapan perkebunan kelapa sawit tersebut dalam mengantisipasi dan mencegah terjadinya karhutla.

Bahaya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih mengintai. Perlu kesiapan dan kewaspadaan ekstra agar bencana yang dapat merugikan banyak pihak itu tidak terjadi lagi.

Pos terkait