Lapas Amuntai Gelar Upacara Hari Santri Nasional 2020

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Amuntai-Memperingati Hari Santri Nasioanal (HSN) Tahun 2020, Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB, Amuntai menggelar upacara peringatan Hari Santri Nasional yang langsung di inspekturi oleh Kapalas,Dwi Hartono A. Md. I.P, SH MH.

Dalam amanat tertulis Menteri Agama Fachrul Razi yang dibacakan oleh

Kalapas Amuntai, Dwi Hartono mengatakan bahwa Hari Santri telah ditetapkan Presiden Jokowi sejak 22 Oktober 2015 menjadi moment penting dalam tonggak sejarah bangsa.

Penetapan tanggal 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “resolusi jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad bagi seluruh santri untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Menurut Dwi Hartono Peringatan HSN kali ini mengusung tema Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia.

BACA JUGA:  Semangat Sumpah Pemuda, Kodim 1009/Plh gotong royong bersama Pemuda Desa bedah rumah nenek Kasiah

“Isu perdamaian diangkat berdasarkan fakta bahwa sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian. Pesanteren merupakan tempat menyemai ajaran Islam Rahmatanlilalamin, Islam ramah dan moderat dalam beragama,” terangnya, Kamis (22/10).

Sementara itu Pengasuh Ponpes At Taubah Ponpes Terpadu At Taubah Lapas klas IIB Amuntai H. Nawawi Abdurrauf menyampaikan rasa syukur atas terlaksananya peringatan hari santri nasional yang ke 5 tahun 2020 ini.

” Pada peringatan hari santri ini kita dan seluruh santri baik itu santri putra maupun putri ponpes at taubah banyak mengadakan kegiatan seperti lomba cerdas cermat, lomba azan, tahfiz dan sebagainya,” jelas Nawawi

Nawawi menambahkan nantinya akan ada program baru di ponpes at taubah kelas IIB yaitu pembibitan calon dai narapidana.

BACA JUGA:  RSUD Pembalah Batung Terima Bantuan 2 Set Ventilator

” Nantinya selepas mereka bebas dari lapas ini agar mampu memberikan dakwah yang baik dan mampu memberikan contoh atau pelopor kepada orang lain yang ingin melakukan hal yang tidak baik,” terangnya.

Reporter : Darma Setiawan
Editor : Aditya

Pos terkait