Ikan Abon Acil Irus Tembus Pasar Jakarta

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Martapura-Abon tak hanya terbuat dari daging sapi atau daging ayam, tapi juga ikan, salah satunya ikan tongkol. Di Kecamatan Aluh-Aluh kabupaten Banjar potensi ikan tongkol sangat melimpah.

Inilah yang membuat Muhammad Hakim tergerak membuat dan mengolahnya menjadi abon ikan tongkol atau dalam bahasa masyarakat sekitar lebih dikenal dengan iwak rabuk.

Berbeda dengan abon pada umumnya, Iwak rabuk tongkol yang diberi merk Iwak Rabul Acil Irus ini mempunyai ciri khas yang berbeda karena tekstur dagingnya lebih renyah, lebih tahan lama dan rasanya yang maknyus.

“Dalam satu minggu penjualan sebanyak 100 botol, dengan harga jual hanya 8.000/botol,” ujar Hakim kepada Wartaniaga.com, Selasa (13/10).

BACA JUGA:  Ini Rahasia Sukses Ria Ricis Jadi Youtuber

Dikatakannya, pembelinya bahkan ada dari luar daerah seperti Jawa Timur dan Jakarta.

” Biasanya teman -teman dari Jakarta, Bandung dan Surabaya yang rutin pesan, hampir setiap minggu ada saja pengiriman ke daerah itu,” ucapnya.

Layaknya usaha pada umumnya, sebelum memproduksi dan memasarkan abon ikan tongkol ini, ia sudah melakukan survei pasar mulai dari harga, rasa dan kemasan.

” Agar ada beda dan kelebihan dari produk abon lainnya kami juga sudah melakukan survei di berbagai pasar di Banjarmasin dan Martapura,” papar Hakim yang sebelumnya bekerja di Jakarta dan memilih pulang kampung karena pandemi covid-19.

Ada berbagai varian rasa iwak rabuk tongkol yang dibuatnya, original dan pedas.

BACA JUGA:  Bank Kalsel Bakal Buka KC di Surabaya

Dipilihnya merk Acil Irus karena menghargai ibunya yang dulunya sering membuat abon ikan.

” Acil Irus itu diambil dari nama ibu saya, beliau cekatan sekali dalam membuat abon ikan,” tutur pria yang menjadi pengajar Biola di salah satu  lembaga kursus musik di Jakarta.

iya kenapa usaha ini di namakan Iwak Rabuk Acil Irus, ink diambil dari nama mama saya yang suka memasak iwak rabuk” imbuhnya.

Untuk pemesanan Iwak Rabuk Acil Irus bisa Whatsapp ke +6281241312407 atau Instagram iwakrabuk_acilirus.

Reporter : Nurul Fata
Editor : Nirma Hafizah

Pos terkait