Paman Birin Ba Kuntaw di Festival Silat Budaya

Wartaniaga.com, Banjarbaru- Merayakan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) ke – 37 Dispora Kalsel menggandeng APPBSI (Asosiasi Perguruan Pencak Budaya Silat Indonesia) Kalsel menggelar Festival Silat Budaya/ Kuntaw tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Festival yang digelar di Kiram Park, Banjarbaru ini diikuti 34 tim dari 13 Kabupaten/Kota se – Kalimantan Selatan.

Festival ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan Dispora bersama APPBSI Kalsel.

“Festival Silat budaya dalam hal ini adalah merupakan agenda rutin yang dilaksanakan tiap tahun, dan alhamdullilah pada 2020 ini mengalami peningkatan,” tutur Supri Muyono, Ketua Pengprov APPSBI Kalsel.

Supri menilai antusiasme peserta tahun ini juga terasa peningkatannya. “Dari 13 Kabupaten/Kota adalah 34 Tim yang bertanding, yang mana satu tim terdiri dari 10 orang ditambah dengan pelatih, officer dan lain – lain yang bearti tidak kurang ada 500 pesilat yang bisa berkumpul di Kiram Park ini,” tambahnya.

Festival kuntaw kali ini terbagi menjadi 8 kategori yang mana 34 tim tersebut memperebutkan hadiah senilai Rp.100.000.000.

Sementara itu, Kadispora Kalsel, Hermansyah menyambut baik gelaran acara tahunan ini.

” Kami sebagai Pemerintah Provinsi tetap mensupport mereka agar kegiatan Silat Budaya ini lebih berkembang di Kalimantan Selatan,” ucapnya.

Ia berharap acara ini bisa menjadi wadah pembinaan untuk meningkatkan kemampuan peserta.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor berharap adanya agenda rutin tiap tahun ini bisa mencetak atlit silat muda.

“Kita harapkan mereka dapat menggeliatkan kembali Silat Kuntau yang ada di Kalimantan Selatan,” tuturnya.

Dibuka dengan beberapa gerakan silat dari Paman Birin, festival kali diharap mampu mengangkat salah satu budaya banua ini yakni kuntaw kedepannya.

Reporter : Ahmad Yani
Editor : Didin Ariyadi

Pos terkait

banner 468x60