Mengungkap Misteri Indahnya Lagu Banjar lewat  Bedah Buku Biografi Anang Ardiansyah

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Dua Tokoh berbeda Sabtu siang (19/09/2020) mengupas tuntas buku biografi salah satu tokoh banua yang juga maestro lagu Banjar, Anang Ardiansyah. Almin Hatta, wartawan senior dan seniman banua ,Muchlis Maman menjadi pembicara khusus bedah buku “ Abah Raja Aai” yang di Aula Kayu Baimbai, Balai Kota Banjarmasin. Keduanya pun menyampaikan pandangannya terkait kiprah pencipta lagu banjar ternama ini.Antusias peserta bedah buku karya Nasrullah dan Riswan Irfani terbilang cukup tinggi.Terlihat saat menyimak paparan yang disampaikan dua narasumber, Muhammad Hatta dan Muchlis Maman yang dikenal sebagai Julak Larau ( tokoh warung bubuhan ).Acara yang dipandu Presenter Rini Muliana.Bahkan Walikota Banjarmasin mengapresiasi buku yang menginspirasi dan memberikan edukasi tersendiri dibalik sosok sederhana namun berkarakter , Anang Ardiansyah.

BACA JUGA:  Kapolda Budayakan Sasirangan Dikepolisian Kalsel

“ Buku ini menyisipkan pesan moral dan keagaman, kehidupan sosial budaya yang beliau (Anang Ardiansyah,red) sampaikan lewat larik dan nada. Kiprah Abah Anang Ardiansyah untuk banua kian terpatri di hati kita dari generasi ke generasi.” Ucap Ibnu Sina saat membuka acara Bedah Buku Abah Raja Ai, di Aula Kayuh Baimbai, Pemko Banjarmasin, Sabtu (19/09/2020).

Menurut Ibnu Sina, karya-karya maestro lagu banjar ini sangat dekat dengan . kota Banjarmasin sendiri. Salah satunya adalah Pangeran Suriansyah, yang menjadi prasasti  sejarah, tercetusnya kota Banjarmasin. Disadari atau tidak lagu ini menjadi tagline di setiap sudut kota Banjarmasin.Bahkan lagu Pangeran Suriansyah masuk dalam materi muatan lokal di sekolah dasar, karena sarat makna dan gampang dingat.

BACA JUGA:  Potret Manusia Sungai, Kearifan Lokal Urang Banjar Tempo Dulu

Bagi seorang Almin Hatta, buku yang ditulis dalam perenungan panjang Riswan Irfani dan Nasrullah, mampu membungkus sejarah , yang selama ini tidak diketahui publik. Tentunya melalui buku ini publik akan banyak tahu dibalik kisah perjalanan panjangAnang Ardiansyah. Terlebih dari 123 lagu yang diciptakan ada sedemikian kisah misteri, tentang apa yang menginspirasinya dan makna yang terkandung di setiap lagu yang dan proses penciptaannya.

Pos terkait