Ikuti Rakornas Pilkada, Sukamta Imbau Warga Gunakan Hak Pilih

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Pelaihari – Bupati Tanah Laut H. M. Sukamta mengimbau agar warga masyarakat menggunakan hak pilihnya dalam memilih pemimpin Kalimantan Selatan, Pemilihan yang akan dilakukan pada Desember 2020 ini juga diharapkan masyarakat mengikuti proses demokrasi sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. ( 10/9 )

Hal ini terungkap dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) secara virtual melalui video conference dari Ruang Rapat Barakat Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Tanah Laut pada Rabu (9/9/2020) siang.

“Saya ingin, mari kita tingkatkan partisipasi pemilih kita karena kegiatan ini hanya dilaksanakan lima tahun sekali, mari kita gunakan untuk menentukan masa depan Kalimantan Selatan”, ajak Sukamta.

Bahkan bupati menyebut akan ada penandatanganan Pakta Integritas oleh Tim Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan guna mentaati Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2020 tentang penerapan protokol kesehatan dalam setiap prosesi Pilkada tersebut.

BACA JUGA:  TMMD Ke 109 Kodim 1001/Amuntai Gelar Penyuluhan Rekrutmen TNI/POLRI

“Akan segera dilakukan konsolidasi dan deklarasi dari Tim Peserta Pilkada Provinsi Kalimantan Selatan di KPU Kabupaten Tanah Laut agar Pilkada Kalimantan Selatan berjalan aman, damai, lancar dan demokratis di Kabupaten Tanah Laut,” sebut Kamta

Rakornas yang membahas tentang Pengamanan dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Covid-19 dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak ini, Ketua KPU RI, Arief Budiman memaparkan aturan KPU tentang pencalonan dan semua tahapan pilkada harus mengikuti protokol kesehatan yang ketat demi mencegah penyebaran virus corona.

Disebutkan, untuk mencegah risiko penularan Covid-19, rapat umum atau kampanye kandidat KPU membatasi jumlah massa yang hadir. Jika biasanya kampanye pasangan calon dihadiri ribuan orang, kali ini dibatasi maksimal 100 orang saja. Begitu pula saat melakukan debat publik, jumlah pendukung dibatasi maksimal 50 orang.

Pos terkait