Dua Generasi Pambakal, Kini Berduet di Pilkada Tanbu

  • Whatsapp
Pasangan SHM-MAR

Wartaniaga.com, Batulicin- Kapala Desa atau keseharian masyarakat Banjar menyebutnya dengan Pambakal adalah seseorang yang diangkat dan dipilih untuk memimpin sebuah wilayah. Seorang pambakal bukan hanya memiliki kapasitas tertentu tetapi ia juga harus memiliki jiwa kepemimpinan, berani, arif bijaksana dan disegani.

Sebelum terbentuknya kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), ada beberapa Pambakal  yang  dikenal luas oleh masyarakat, antara lain  yakni Pambakal Maming dan Abdidin. Maming merupakan Pambakal Batulicin yang kini menjadi ibukota Tanah Bumbu, sedangkan Abidin adalah Pambakal Satui Barat, Kecamatan Satui.

Kedua sosok ini selain sukses membangun daerahnya masing-masing ternyata juga sukses melahirkan generasi pemimpin dan politis yang bukan hanya pada tingkat daerah tetapi nasional.

BACA JUGA:  Paman Birin Terima Bantuan APD dari Pengusaha Walet

Pambakal Maming, melahirkan Mardani H Maming yang merupakan mantan Bupati Tanah Bumbu selama 2 Periode dan saat ini menjabat sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Ketua Umum HIPMI pusat.

Bukan itu saja, dirinya juga menurunkan jiwa kepemimpinannya kepada Syafruddin H Maming atau yang lebih dikenal dengan sebutan Cuncung saudara Mardani H Maming. Pernah mengikuti jejak sang ayah menjadi Pambakal, cuncung kemudian terjun kedunia politik  dan berhasil duduk di DPRD Kalsel selama 2 periode.

Tidak sampai disitu, Cuncung yang merupakan Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDI Perjuangan Kalsel ini pada Pemilu 2019 yang lalu  juga terpilih menjadi anggota DPR RI. Termotivasi untuk membangun dan memajukan tanah kelahirnya, Cuncung akhirnya meninggalkan kursi empuk Senayan dan mencalonkan diri sebagai Bupati Tanah Bumbu di Pilkada serentak tahun ini.

Pos terkait