Demi Kenyamanan Penziarah, Birin-Rudy Rehab Kawasan Makam Datu Kelampayan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Martapura– Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dibawah kepemimpinan H Sahbirin Noor dan H Rudy Resnawan (Birin-Rudy) menunjukkan komitmen kuat dalam pembangunan kawasan wisata religi dan bersejarah besar bagi banua.

Salah satunya adalah renovasi dan menata kawasan bersejarah  Komplek Makam Syech Muhammad Arsyad Albanjari atau Datu Kelampayan.

Sejak tiga tahun anggaran mulai tahun 2018, 2019 hingga 2020 ini Pemprov Kalsel mengalokasikan dana perbaikan dan penataan kawasan makam Datu Kalampayan dengan paket yang berbeda beda. Tujuannya tidak lain adalah mendukung kawasan wisata religi yang nyaman dan tertata.

Terbaru, Tahun 2020, Dinas PUPR Kalsel melalui bidang Cipta Karya melakukan rehab untuk Aula, pembuatan saluran dan penggantian canopi coridor depan.

BACA JUGA:  Grand Final NaGa 2019, Batola dan Banjarmasin jadi Pemenang

Kepala Dinas PUPR Kalsel, Roy Rizali Anwar melalui Kabid Ciptakarya Dinas PUPR Kalsel, Agung Dewanto mengatakan untuk penanganan rehab Makam ulama besar Datu Kelampayan di lanjutkan oleh bidang Ciptakarya Dinas PUPR Kalsel.

Proyek rehab aula, pembuatan saluran dan penggantian canopi coridor depan pada tahun anggaran 2020 ini dilaksanakan dengan anggaran nilai Rp 2,575 milyar.

“Saat ini progres pengerjaan lumayan maju, dimana hingga minggu ke 7 bulan September 2020, dari rencana 20,34%, sudah terealisasi 25,58%, sehingga ada deviasi positif sebesar 5,24%,” urai Agung.

Agung membeberkan, PUPR dalam hal ini melanjutkan pengerjaan penataan kawasan makam Syech Muhammad Arsyad Al Banjari. Sebelumnya dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan, melalui bidang Kebudayaan Provinsi Kalsel dengan latar belakang untuk meningkatkan dan menyediakan dukungan tempat dan sarana untuk mempermudah dan meningkatkan jumlah peziarah.

Pos terkait