Bank Kalsel Salurkan CSR Berupa 1 Unit Alat Penggiling Padi

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Pelaihari- Bank Kalsel berikan bantuan satu unit alat penggiling padi kepada Kelompok Tani Desa Karang Rejo, Kecamatan Jorong.

Sebelumnya, Bank Kalsel sendiri telah melaksanakan penandatanganan MoU komitmen perbankan dengan Kementerian Pertanian dalam mendukung peningkatan produksi pertanian demi terwujudnya ketahanan pangan.

Direktur Utama Bank Kalsel, Agus Syabarudin mengatakan bantuan tersebut merupakan Corporate Social Responsibility (CSR), yang diserahkan kepada kelompok tani.

“Alhamdulillah pada hari ini, saya juga didampingi Pak Cecep Sadikin sebagai pendamping dan pembina petani disini, yang sudah mempersiapkan demplot untuk bibit yang diambil dari Bogor,” ujar Agus Syabarudin.

Sementara itu Bupati Tanah Laut, H Sukamta menyarankan para petani di Kabupaten Tanah Laut untuk memproduksi bibit-bibit padi sendiri.

BACA JUGA:  Kadishut Kalsel, Jokowi Tanam Pohon Endemik Mersawa

“Jika petani memproduksi bibit, maka petani akan lebih banyak diuntungkan, karena dari sisi harga, lebih mahal dari pada harga gabah konsumsi,” ucapnya.

Lanjutnya, apabila bibit-bibit dikembangkan dan dibeli sesama petani sendiri, maka akan mendapatkan bibit yang lebih murah dari pada membeli bibit yang datang dari luar. Sehingga keuntungan yang didapat pun, lebih besar karena biaya produksinya yang telah terpotong.

“Kita harus berani membuat bibit sendiri, kita kembangkan sendiri. Sehingga penyesuaian dengan unsur hara serta tanah di tempat kita, lebih cepat dan cocok, dan hasilnya lebih maksimal,” jelasnya.

Selain itu, dirinya juga menyarankan kepada para petani untuk melakukan pinjaman kepada Bank Kalsel terkait permodalan yang dibutuhkan.

BACA JUGA:  Masyarakat Harus Maksimalkan Bank Kalsel Bangkitkan Perekonomian Banua

“Jika jumlah pinjaman di atas dua puluh juta rupiah, bisa meminjam ke Bank Kalsel,” tambah Kamta sapaan akrabnya.

Pada kesempatan tersebut dihadiri juga oleh Ketua DPRD Muslimin, Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Hijrah Jorong, KH Mukri Yunus, dan Kepala Cabang Bank Kalsel Pelaihari Anwari.

Penulis : Aditya

Pos terkait