Musim Pandemi, Pernikahan di Bawah Tangan Diminati Calon Pengantin

  • Whatsapp
Ketua KUA Gambut, Zulkipli,HS.S.Ag,MM

Wartaniaga.com, Martapura- Selama pandemi covid -19 ternyata pernikahan di bawah tangan banyak diminati calon pengantin. Terbukti puluhan pasang calon pengantin di Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, mengajukan cara tersebut sebagai solusi ditengah wabah.

Ketua KUA Gambut, Zulkipli,HS.S.Ag,MM mengungkapkan tidak sedikit dari mereka yang datang ke kantornya untuk meminta tolong melangsungkan pernikahan sirri itu.

“Yang ingin melakukan nikah di bawah tangan itu ada, cuman kami menyarankan untuk berkonsultasi dengan pihak KUA terlebih dahulu”, ujarnya, kepada wartaniaga.com.

Dikatakannya, proses pernikahan sirri tidak bisa diselenggaran oleh pihak KUA , karena pernikahan ini bertentangan dengan aturan pemerintah.

” Pernikahan yang tidak tercatat akan membawa hal-hal yang sulit dikemudian hari bagi yang bersangkutan nantinya,” ucap Zulkipli.

BACA JUGA:  Ikuti Protokol Kesehatan, Wabup Sholat Ied di Rumah

Mungkin, sambungnya masyarakat menganggap keputusan itu tidak bijak namun sebuah kebijakan tidak boleh bertentangan dengan aturan.

Ia menjelaskan, menikah dibawah tangan memang boleh namun lebih baiknya sesuai dengan aturan. ” Pihak KUA menghimbau untuk yang ingin menikah dibawah tangan untuk berkonsultasi terlebih dulu,” katanya.

Lebih lanjut, ia menambahkan nikah ini membentuk rumah tangga yang kekal, oleh karena itu calon pengantin harus berpikir dan mempersiapakan dengan matang.

Dirinya juga berharap kepada calon pengantin agar memenuhi persyaratan pernikahan.

” Mari kita sama-sama berdoa semoga pandemi ini cepat berakhir dan segala niat baik kita segera bisa direalisasikan, dalam hal ini pernikahan,” tutup Zulkipli.

BACA JUGA:  Hari Pahlawan, Sukamta Bacakan Sambutan Menteri Sosial RI

Reporter : Nirma Hafizah
Editor: M Ramadhani

Pos terkait