Di Gambut Angka Pernikahan Menurun Selama Pandemi

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjar- Di tengah maraknya wabah Corona, Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan Gambut, kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, mencatat terjadi penurunan angka pernikahan hingga 60 persen.

Kepala KUA Gambut, Zulkipli,HS.S.Ag,MM Mengatakan jika aturan pendaftaran masih sama dengan surat edaran sebelumnya. Namun, dalam keadaan wabah corona terdapat penurunan pernikahan sebanyak 60 persen di KUA Gambut.

“Sebelum adanya wabah ini biasanya 1 bulan ada 25 pasang pengantin sekarang hanya 13 pasang saja,”ujarnya, Rabu (27/5).

Ia menambahkan selama pandemi covid-19 hanya ada 13 pasang calon pengantin yang mendaftar dan itupun hanya 1 pasang yang menikah.

“ Bulan Mei ini ada 13 pendaftar namun hanya 1 pasang yang bisa di nikahkan, itu juga dengan protokol yang sesuai kesehatan,” jelas Zulkipli.

BACA JUGA:  Kota Idaman Belum Miliki Alat ISPU

Dan sambungnya, pelaksaan pernikahannya juga hanya di kantor KUA yang dihadiri sebanyak 10 orang saja dan harus menggunakan masker, bagi calon pengantin juga menggunakan masker dan sarung tangan bagi mempelai laki-laki.

Dirinya mengungkapkan kebijakan yang telah di atur tentang pernikahan selama adanya pandemi covid-19 Masih berdasarkan SE.P-004/DJ.III/HK.00.7/04/2020 salah satunya Akad nikah akan tetap di laksanakan di KUA dengan ketentuan memenuhi protokol kesehatan.

Pendaftaran pernikahan dalam kondisi sekarang ini bisa melalu website http://simkah.kemenag.go.id

Reporter : Nirma Hafizah
Editor : Didin Ariyadi

Pos terkait