Pemkab Refocusing APBD Guna Tangani Covid-19

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Pelaihari- Bupati Tanah Laut (Tala) H. Sukamta, didampingi Wakil Bupati Tala Abdi Rahman dan Sekretaris Daerah (Sekda) Tala H. Dahnial Kifli serta Ketua DPRD Kabupaten Tala Muslimin, mengikuti Video Conference (Vidcon) bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Menteri terkait seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. ( 18/4 ).

Video Conferene tersebut terkait Tata Cara Refocusing dan Realokasi pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2020 di Ruang Rapat Barakat Lantai II, pada Jumat (17/4) sore.

Dalam arahannya Mendagri mengatakan bahwa krisis Covid-19 ini sudah melanda hampir seluruh dunia yang berdampak pada masalah kesehatan dan perekonomian di Indonesia. Ia melihat kemampuan negara dan daerah akan berkurang terutama dari sektor pendapatan.

BACA JUGA:  Kasus Baru Covid-19 Di Kalsel Terbanyak dari Tabalong

Lebih lanjut Ia menuturkan bahwa berkurangnya pendapatan pusat maka akan berpengaruh pada transfer ke daerah.

Dalam hal itu pemerintah mengeluarkan sejumlah aturan untuk melakukan perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang mengarah kepada pengurangan. Tidak hanya APBN, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) juga akan mengalami pengurangan transfer dari pusat maupun dari Pendapatan Asli Daerah.

Untuk itu, Sukamta mengatakan bahwa daerah Kabupaten Tala sudah melakukan sesuai aturan dan sudah melaksanakan sesuai arahan dari Mendagri. Ia menambahkan bahwa  pemangkasan anggaran dilakukan sebesar 50% baik belanja barang dan jasa maupun belanja modal.

Pos terkait