Baznas DKI Siapkan Bilik Disinfektan. Direncanakan 100 Unit

Wartaniaga.com, Jakarta- Baznas DKI Jakarta berencana menyiapkan bilik disinfektan di wilayah Jakarta.

Ketua Baznas DKI Jakarta, Luthfi Fathullah mengungkapkan pihaknya sedang terus mengerjakan instalasi Ruang Basmi Kuman tersebut.

“Kami tidak berani menyebutkan berapa yang kami mampu, akan tetapi nawaitunya 100, bahkan ada satu perusahaan udah nyumbang 10 alat, kami tinggal bikin tunnel-nya saja,” kata Luthfi di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (27/3).

Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas DKI Jakarta, Saat Suharto menjelaskan bilik tersebut dilengkapi dengan sistem pengembunan. Alat yang dipakai, kata dia, tergolong aman jika terhirup oleh manusia.

“(bukan) Memakai sprayer, kita menggunakan sistem Humidifiers, kita harapkan butirannya lebih lembut dan lebih kena di badan,” jelas dia.

Secara fisik, bilik sumbangan Bazis DKI berbeda bentuk dengan bilik pada umumnya yang berbentuk bulat kini berbentuk tunnel. Diharapkan bentuk yang baru bisa lebih optimal dalam mengeluarkan bahan aktif disinfektan.

“Untuk  bahan aktif yang kita embunkan adalah Benzalkonium chloride, di pasaran merknya bermacam-macam, dan yang kita gunakan alhamdulillah izin dari Kemenkes, sertifikat halal, dan foodgrade, jadi kalau pun terhirup insya Allah aman,” tegas dia.

Sementara itu, untuk permulaan Baznas sudah menyalurkan empat bilik di sejumlah tempat di Jakarta.

Sementara itu, Plt Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Sabdo Kurnianto menyatakan lokasi bilik itu ditempatkan di fasilitas umum.

“Diletakkan di kantor Balaikota Jakarta, Halte Transjakarta Harmoni, Rumah Sakit Duren Sawit, dan Kantor Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta,” ujar Sabdo.

Pos terkait

banner 468x60