Perkuat Perekonomian, Hilirisasi Industri Mesti Dilakukan

  • Whatsapp
Perkuat Perekonomian, Hilirisasi Industri Mesti Dilakukan

Wartaniaga.com, Jakarta – Optimisme dari pemerintah terhadap hilirisasi industri yang dinilai dapat menjaga kekuatan perekonomian nasional. dinilai penting agar perekonomian nasional tidak mudah terombang-ambing di tengah fluktuasi harga komoditas.

Seperti yang diungkapkan oleh ahli kebijakan publik Universitas Trisakti Jakarta, Profesor Trubus Rahardiansyah yang menyebutkan hilirisasi industri bertujuan meningkatkan nilai tambah dari bahan baku di dalam negeri.

Oleh karena itu ujarnya, perlu pengimplementasian kebijakan larangan ekspor mineral mentah. Sebab, dengan larangan itu bisa memacu kinerja di sektor industri hulu. Hal ini juga diharapkan dapat mengundang investasi sektor tersebut masuk ke Indonesia.

Apalagi menurutnya, Indonesia punya kekayaan sumber daya alam yang dapat diolah sebagai bahan baku industri. Selain mineral, komoditas lainnya yang cukup potensial adalah minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO).

BACA JUGA:  Jelang Akhir Tahun, Tarif Rokok Diperkirakan Naik

Hilirisasi Industri Dinilai dapat Menjaga Kekuatan Perekonomian Nasional

Lanjutnya, memang CPO merupakan komoditas yang sedang dioptimalkan menjadi kebutuhan domestik.”Ini karena kita sedang membangun program B30 dan dalam dua tahun ke depan akan dikembangkan menjadi B100,” ujarnya.

Pos terkait