Pemprov Kalsel Berbenah Atasi Banjir Tahunan

  • Whatsapp
Pemprov Kalsel Berbenah Atasi Banjir Tahunan
Wartaniaga.com,Banjarmasin- Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) lakukan pembenahan dokumen-dokumen pemetaan wilayah rawan banjir yang terjadi beberapa waktu lalu di sebagaian wilayah Kalsel.
Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Abdul Haris Makkie mengatakan sehari setelah musibah banjir yang melanda sebagian kawasan Kalsel, pihaknya langsung memanggil instansi terkait untuk membahas penanggulangan banjir.
“Sehari setelah banjir, Pemprov sudah memanggil Kabupaten Kota, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kota, Dinas Kehutanan, dan PUPR khusus membicarakan masalah banjir,” ucapnya, Kamis (13/2).

 Atasi Banjir Tahunan

Ia menjelaskan dalam pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan untuk membuat dokumen-dokumen pencegahan bahaya banjir tahunan.
Lanjutnya, Balai Sungai juga dilibatkan dalam pencegahan banjir, dikarenakan wewenang dari sungai sendiri ada pada Balai sungai baik mengenai anggaran dan sebagainya.
“Balai Sungai sudah ada kesepakatan untuk tidak terjadi lagi musibah banjir, paling tidak menghindar yang saat ini semakin parah,” katanya.
Selain itu, dirinya mengharapkan seluruh elemen masyarakat agar mengkoreksi diri masing-masing untuk peduli dan perhatian terhadap sungai. Dengan tidak membuang sampah dialiran sungai.
” Yang jelas Pemprov Kalsel atas perintah Gubernur Kalsel sudah melakukan pembenahan agar tidak terjadi banjir, Paman Birim sendiri pun ikut terjun langsung ke wilayah terdampak banjir,” paparnya.
Selanjutnya, Kabupaten Kota akan memetakan penyebab terjadinya banjir agar permasalahan banjir dapat ditanggulangi dengan serius.
“Perencanaan dan persiapan dokumen suda dilakukan untuk antisipasi banjir, dan komitmen bersama untuk mensukseskan penanggulangan musibah banjir,” bebernya.
Ia mengharapkan tahun depan tidak terjadi lagi musibah banjir yang merugikan masyarakat, terkait teknis dilapangan tergantung instansi terkait yang menjalan, yang jelas komitmen untuk penanggulangan banjir sudah ada.
Reporter : Yudha
Editor : Hamdani
Foto : Yudha
BACA JUGA:  Pelamar Panwascam di Banjarmasin Lampaui Kuota

Pos terkait