Demi Kualitas, Distan Kotabaru Perkecil Jarak Tanam Sawit

  • Whatsapp
Demi Kualitas, Distan Kotabaru Perkecil Jarak Tanam Sawit
Wartaniaga.com,Kotabaru- Bupati Kotabaru, Sayed Jafar menghadiri acara kegiatan peremajaan kelapa sawit di Desa Banjarsari dan Desa Bungkukan, Kecamatan Kelumpang Barat, Rabu (12/2/2020). Kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan buah Sawit yang berkualitas, dengan memperkecil ukuran tanam dari pohon satu kepohon yang lain.
“Untuk peremajaan ini, bibit yang diberikan dapat menghasilkan buah sawit yang berkualitas, 5 meter persegi untuk jarak tanam antar pohon, agar bisa lebih banyak menghasilkan produksi buah” harap Sayed Jafar.
Selain itu Bupati berpesan, Program yang menggunakan dana dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) ini dapat dimanfaatkan dengan tepat tanpa penyimpangan.

Distan Kotabaru Perkecil Jarak Tanam Sawit

“Agar bantuan yang telah kami berikan ini dapat dipergunakan sebaik-baiknya, untuk modal mengembangkan usaha supaya lebih efektif. jangan disalah gunakan untuk membeli barang lainnya, misalnya seperti mobil, dan sarana lainnya.” Pesan Bupati.
Sementara Kepala Dinas Pertanian, Hairuddin menyampaikan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program tahun 2019, yang bertujuan meningkatkan produktivitas lahan. Dengan cara mengganti tanaman berusia 25 tahun keatas yang memiliki produktivitas dibawah 10 ton pertahun perhektar.
“Kedepannya lanjut Hairuddin,  kita akan coba memanfaatkan lahan tersebut, yang nantinya akan kita tanam padi gunung,  dan juga ternak. untuk menghasilkan pendapatan masyarakat agar lebih maksimal” jelas Hairuddin.
Acara juga dilanjutkan dengan penyerahan dana bantuan sebesar 25 juta rupiah untuk tiap petani pekebun sawit. Yang terdiri dari 32 orang petani Desa Bungkukan, dan 78 petani di Desa Banjarsari Kecamatan Sampanahan.
Reporter : Zainuddin
Editor : Akbar Laksana
BACA JUGA:  Di Balik Hattrick Piala Adipura Kota Banjarmasin

Pos terkait