Pelihara Keaslian, Warga Kampung Biuku Ingin Penguatan Tebing Alami

  • Whatsapp
Pelihara Keaslian, Warga Kampung Biuku Ingin Penguatan Tebing Alami

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Abrasi yang terjadi pada tepian sungai yang ada di Kota Banjarmasin menjadi perhatian khusus bagi masyarakat. Seperti yang terjadi pada anak sungai di daerah Sungai Andai, tepatnya kawasan wisata Sungai Biuku.

Didi Wahyudi, salah satu masyarakat yang tinggal di sana menyebut sungai yang ada disana sudah semakin melebar karena terjadinya abrasi.

“Itu banyak yang longsor tanahnya akibat terkena gelombang bekas kelotok lewat,” ucapnya sambil menunjukkan tepian sungai yang melebar.

Kampung Biuku Ingin Penguatan Tebing Alami

Selain itu, ia menambahkan, penyebab abrasi ini juga diakibatkan berkurangnya jenis tanaman yang bisa mencengkram tanah dan bisa bisa memecah ombak pada sekitar pinggiran sungai.

BACA JUGA:  Suripno Sumas Menghimbau, Sikapi UU Omnibus Law dengan Bijak

Ia mengaku warga setempat ingin tepian sungai di sekitar kawasan wisata tersebut ditanami pohon bakau atau tumbuhan lainnya yang berfungsi sebagai pencengkram tanah di tepian sungai.

“Kalau bisa jangan disiring beton, agar keasrian khas pedesaan disini masih bisa terjaga. Lebih bagus jika menanggulangi abrasi ini dengan pohon saja, seperti pohon binjai, pohon mangrove dan lain-lain,” sebut lelaki dengan sapaan Didi itu.

L

Pos terkait