Hindari Inflasi Jelang Haul Sekumpul, Disdag Kalsel Gelar Pasar Murah

  • Whatsapp
Hindari Inflasi Jelang Haul Sekumpul, Disdag Kalsel Gelar Pasar Murah

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Guna menjaga kestabilan harga bahan pokok di wilayah Kabupaten Banjar pada saat menjelang pelaksanaan haul ulama kharismatik, Zaini Bin Abdul Ghani, Pihak Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan bakal menggelar pasar murah di kawasan tersebut.

Pasalnya, menurut pengalaman beberapa waktu yang lalu, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, Birhasani mengatakan, setiap kali ada kegiatan keagamaan tersebut pasti terjadi inflasi harga pada bahan pokok.

“Harga bahan pokok disana naik ketika memasuki acara haul itu,” ucapnya, Kamis (9/1).

Jelang Haul Sekumpul Disdag Kalsel Gelar Pasar Murah

Dijelaskannya, kenaikan harga tersebut dikarenakan setiap warga disana berlomba untuk membuat masakan untuk para jemaah yang datang, namun terkadang stok barang disana tidak mencukupi permintaan warga.

BACA JUGA:  Pasar Bauntung Banjarbaru Dibiarkan Semrawut

“Itu sudah jadi hukum ekonomi. Kalau ketersediaan barang tidak mampu memenuhi permintaan konsumen, maka harga akan naik,” terang Kadis.

Atas hal itu, Birhasani menyebut pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Banjar untuk menyelenggarakan pasar murah selama 5 hari beturut-turut agar harga bahan pokok di wilayah tersebut tetap stabil.

“Dalam 5 hari itu akan ada 5 titik yang menjadi sasaran kami,” ujarnya.

Pos terkait