Harga Gula Naik Bukan Karena Cuaca Tapi Dari Distributor

  • Whatsapp
Harga Gula Naik Bukan Karena Cuaca Tapi Dari Distributor

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Harga gula di Banjarmasin baru ini mengalami kenaikan sebesar Rp 2 ribu dari harga Rp 12 ribu. Apakah kenaikan tersebut dikarenakan imbas dari cuaca buruk akhir-akhir ini atau faktor lainnya?.

Menanggapi itu, Kasi Monitoring & Pengendalian Pendaftaran Perusahaan, Barang dan Hanpokting (bahan pokok penting), Disperdagin Kota Banjarmasin, Trisnawati Mulyo Hapsari membenarkan bahwa memang terjadi kenaikan pada bahan pokok tersebut.

Namun, kenaikan bukan karena pengaruh cuaca buruk yang melanda beberapa kota di Indonesia saat ini, termasuk Kota Banjarmasin.

Naik Harga Gula di Banjarmasin

“Untuk minyak goreng kemungkinan memang ada sedikit pengaruh dari cuaca yang memperlambat suplay ke Banjarmasin. Tapi untuk gula pasir itu memang naik dari distributor di Pulau Jawa sana,” jelasnya.

BACA JUGA:  Iuran Dana HKN Berpotensi Korupsi

Menurutnya, harga gula pasir yang ada pada distributor surabaya sudah mencapai Rp11.000 per kilonya dan di juragan gula Banjarmasin Rp12600 perkilonya. “Makanya sampai ke tempat kita (konsumen) mencapai Rp14.000 perkilonya,” tandasnya.

gula

Ia membeberkan bahwa keadaan tersebut sudah terjadi sejak November 2019 kemarin. Pasalnya menurut info yang didapat Trisna dari pihak yang terpercaya. Saat ini masih belum memasuki musim giling atau panen untuk kebun tebu yang ada di Pulau Jawa.

“Masih musim tanam, imbasnya ya stok gula menipis dibeberapa daerah termasuk Banjarmasin,” tuturnya.

Lanjutnya, melihat kondisi tersebut trisna berharap seharusnya sudah saatnya pemerintah mengeluarkan stok gula nasional agar bisa menanggulangi keadaan seperti ini.

BACA JUGA:  Tahun Depan, Bisnis Properti Diperkirakan Cerah

“Soalnya untuk gula kita masih sangat bergantung pada pasokan luar daerah,” pungkasnya.

Reporter : Fadlan Zakiri
Editor : Hamdani
Foto : Fadlan Zakiri

L

Pos terkait