Pemkab Batola Kembangkan Rute Wisata Susur Sungai

  • Whatsapp
Wisata Susur Sungai

Wartaniaga.com, Marabahan – Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Batola) lewat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) luncurkan program wisata berbasis alam yakni susur sungai Barito menggunakan kelotok (Red : perahu bermotor kecil yang terdapat di Kalimantan Selatan).

Bupati Batola, H Noormiliyani memberikan apresiasi tak terhingga kepada Disbudpar, ia berharap dengan diluncurkannya jenis wisata sungai tersebut dapat mendongkrak kunjungan wisata ke kota Bahalap itu.

“Semoga program ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Batola,” ucapnya.

Kepariwisataan Wisata Susur Sungai Marabahan

Menurutnya, wisata susur sungai di Marabahan tersebut di inisiasi oleh kepala Disbudpar dengan tujuan meningkatkan pendapatan asli daerah dari sektor kepariwisataan, wisata ini akan beroperasional 3 kali dalam sepekan.

BACA JUGA:  Dongkrak Pelancong, Taman Bekantan Dihias Nuansa Kearifan Lokal

Wisata Susur Sungai

“Kelotok yang membawa wisatawan ini akan melewati 5 rute yaitu dari Siring Marabahan ke Masjid Al Anwar, Keramba Ikan, Stockfile Batubara, Kerajinan Ikan Pipih hingga Jembatan Pelangi,” tuturnya.

Adapun ketika diperjalanan, wisatawan akan disuguhkan beragam hidangan dan jajanan diatas kelotok tersebut yang didesain menyerupai cafe terapung.

Disisi lain, Penjabat Sekretaris Daerah Batola, Abdul Manaf menyambut positif program inovasi kadisbudpar tersebut, ia berharap fasilitas sarana transportasi wisata susur sungai dapat dikembangkan seiring berjalannya waktu.

“Saya berharap selain 5 rute itu, wisata di Batola lainnya turut dijadikan destinasi,” pungkasnya.

Reporter : Ridwan
Editor : Muhammad Zahidi
Foto : Ist

Pos terkait