80 views

Mahasiswa Poliban Buat Pompa Air Tenaga Surya

Pompa Air Tenaga Surya

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) kembali torehkan prestasi disamping pencapaian akreditasi kampus menjadi B, mereka berhasil menjalankan program hibah bina desa (PHBD) dengan baik.

Lewat program yang berasal dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi RI itu dan dengan mengangkat judul, “Penyediaan Air Bersih dengan Pemanfaatan Teknologi Pompa Air Tenaga Surya di Desa Karya Baru Kecamatan Barambai Kabupaten Barito Kuala” berhasil disetujui dan didanai senilai Rp 24 juta guna merealisasikan teknologi tersebut.

Aparat Desa Karya Baru, Himawan mengungkapkan program tersebut sangat diterima dan sangat bermanfaat untuk masyarakat, karena air bersih merupakan salah satu masalah di lingkungan warganya.

Penyediaan Air Bersih Dari Pompa Air Tenaga Surya Desa Karya Baru

Lanjutnya, karena wilayahnya dekat dengan perkebunan sawit dan kadar air sungai yang asam menyebabkan sulitnya warga mendapatkan air bersih, selama ini warga menampung air hujan dan sumur bor yang terbatas untuk kebutuhan rumah tangga.

Menurutnya, ketika musim kemarau warga mau tidak mau harus terpaksa membeli air untuk kebutuhan air bersih dalam kehidupan sehari-hari.

Pompa Air Tenaga Surya

“Keberhasilan ini sangat bisa dirasakan oleh masyarakat oleh karena itu harapan kami masyarakat akan menggunakannya semaksimal mungkin, bisa merawat dan bisa mengelolanya,” harapnya.

BACA JUGA:  World Indonesia Scholarship, Jaring Mahasiswa Penerima Beasiswa

Sementara itu, Ketua pelaksana PHBD Poliban, Rupiy Risdiannor berharap semoga program tersebut dapat membantu masyarakat dan memberi motivasi untuk pengusul berikutnya agar bisa membuat karya yang bermanfaat.

Ia membeberkan walau banyak yang mempertanyakan kebisaan dari tim pelaksana mengingat mereka berasal dari mahasiswa Administrasi Bisnis yang juga tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Bisnis Poliban, Rupiy menjawan Jurusan bukanlah batasan untuk pihaknya berinovasi dan mencari pengalaman.

“Meskipun kami berasal dari Jurusan Administrasi Bisnis tapi kami punya dosen Elektro di Poliban,” ujar Rupiy.

“Dan sekarang Pompa Air Tenaga Surya yang mereka buat sudah di rasakan oleh warga sekitar untuk keperluan air bersih dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Kukura Borneo Gelar Aksi Peduli Bangsa

Editor : Muhammad Zahidi
Foto : Ist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *