Pokdarwis dan Patriot Dilatih Bisnis Pariwisata

  • Whatsapp
Pokdarwis dan Patriot Dilatih Bisnis Pariwisata

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Kepariwisataan mempunyai arti penting bagi perekonomian, serta meningkatkan kesempatan kerja sekaligus membuka peluang bagi pendapatan masyarakat.

Pemerintah kota dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata bersama Narasumber dari Hospitality Point, mengadakan Pelatihan manajemen homestay/pondok wisata/rumah wisata yang dilaksanakan sejak tanggal 28 hingga 30 Oktober 2019 di Pop Hotel Banjarmasin, Selasa (30/10).

Muat Lebih

Pengembangan atau pembinaan sumber daya pariwisata merupakan bagian dari upaya mempersiapkan pelaku industri pariwisata di kota Banjarmasin yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat.

BACA JUGA:  Sambut TA Baru 2020, English First Buat Program Back to School

Kasi Penataan Lingkungan Wisata Bidang SDM, Rahmi mengatakan pemko terus berkomitmen dalam pengembangan dan pembangunan kepariwisataan di Kota Banjarmasin dengan melakukan pelatihan kepada Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata).

“Tidak hanya itu, warga sekitar objek wisata wilayah Sungai Jingah, Surgi Mufti, dan Pasar Lama, serta Patriot Pariwisata juga ikut pelatihan ini,” ucapnya kepada wartaniaga.com, Rabu, (30/10).

Pokdarwis dan Patriot Dilatih Bisnis Pariwisata

Ia menyebut orientasi kegiatan ini berdasar pada 3 tujuan, pertama mampu meningkatkan kinerja serta daya saing bagi pembangunan kepariwisataan nasional, kedua mendorong pelayanan prima pelaku usaha sektor industri pariwisata dan ketiga memahami manajemen homestay/ pondok wisata/ rumah wisata dalam rangka pengeloaan wilayah wisata.

“Kegiatan pelaksanan ini baru pertama kali dilaksanakan oleh Disbudpar Kota dari dana APBN melalui DAK non fisik Tahun 2019 dalam upaya mewujudkan pariwisata berkelanjutan dan memberikan income buat masyarakat,” bebernya.

BACA JUGA:  Ibnu Sina Mimpikan Transportasi Sungai Modern

Rahmi mengungkapkan kota Banjarmasin sebagai ibukota Provinsi Kalimantan Selatan, selalu disorot terutama dalam sektor pariwisata yang sering didengungkan oleh Presiden Jokowi.

Dari pelatihan ini diharapkan peserta mampu mengimplementasikan kompetensinya untuk peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja, yang pada akhirnya semakin meningkatkan kualitas pelayanan dan memberikan nilai tambah bagi kesejahteraan perekonomian masyarakat.

Reporter : Zakir
Editor : Mukta
Foto : Zakir

Pos terkait